Rasi Eridanus, 'Sungai' Raksasa di Langit

Info Astronomy — Eridanus adalah sebuah rasi bintang yang melambangkan sebuah sungai. Eridanus adalah bahasa Yunani untuk Sungai Po. Rasi ini merupakan salah satu dari 48 rasi yang diperkenalkan oleh Ptolemy, dan tetap menjadi anggota 88 rasi bintang modern. Rasi ini adalah rasi dengan luas terbesar keenam.

Bintang

Pada ujung selatan rasi bintang terdapat bintang Achernar dengan magnitudo pertama. Achernar adalah bintang yang sangat unik karena merupakan salah satu bintang paling lonjong. Pengamatan menunjukkan bahwa jari-jari antar ekuator kira-kira 50% lebih panjang dari jari-jari antar kutubnya. Distorsi ini terjadi karena bintang tersebut berputar sangat cepat.

Bintang lain di Eridanus yang terkenal adalah Epsilon Eridani, yang sangat populer pada fiksi ilmiah karena letaknya yang relatif dekat dengan bumi dan karakteristiknya yang mirip dengan matahari. Bintang ini juga diketahui setidaknya memiliki sebuah planet luar surya (ekstra solar planet), yang diperkiran merupakan sebuah raksasa gas yang mirip dengan Jupiter. [dbs]