Akses artikel Premium dengan menjadi member BelajarAstro KLUB, daftar di sini!

Lubang Hitam Supermasif Teramati Bangun dari Tidur Secara Real Time!

Para astronom menyaksikan lubang hitam supermasif yang bangun dari tidurnya. Objek tersebut berada di pusat galaksi SDSS1335+0728, yang tampak biasa.
Ilustrasi galaksi SDSS1335+072 yang naik kecerahannya. Kredit: ESO/M. Kornmesser

InfoAstronomy Premium - Sebelum Desember 2019, sebuah galaksi yang dikatalogkan sebagai SDSS1335+0728 tampak tenang. Namun, sejak saat itu, para astronom mengamati area pusat galaksi tersebut yang mulai aktif dan naik kecerahannya. Lubang hitam supermasifnya bangun dari tidur!

Lubang hitam supermasif memang ada masanya mereka aktif, ada pula masanya mereka tertidur, atau tidak aktif melahap materi di sekitarnya. Dalam keadaan aktif, mereka sedang mencari makan. Iya, alam semesta memang seunik itu.

✨ Konten Premium ✨

Jadilah member BelajarAstro KLUB untuk membaca artikel premium ini. Temukan artikel astronomi berkualitas, mendalam, terkini, anti copy-paste!

Kamu member? Lanjut baca