Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Lubang Hitam Supermasif Teramati Bangun dari Tidur Secara Real Time!

Para astronom menyaksikan lubang hitam supermasif yang bangun dari tidurnya. Objek tersebut berada di pusat galaksi SDSS1335+0728, yang tampak biasa.
Ilustrasi galaksi SDSS1335+072 yang naik kecerahannya. Kredit: ESO/M. Kornmesser

InfoAstronomy Premium - Sebelum Desember 2019, sebuah galaksi yang dikatalogkan sebagai SDSS1335+0728 tampak tenang. Namun, sejak saat itu, para astronom mengamati area pusat galaksi tersebut yang mulai aktif dan naik kecerahannya. Lubang hitam supermasifnya bangun dari tidur!

Lubang hitam supermasif memang ada masanya mereka aktif, ada pula masanya mereka tertidur, atau tidak aktif melahap materi di sekitarnya. Dalam keadaan aktif, mereka sedang mencari makan. Iya, alam semesta memang seunik itu.

✨ Konten Premium ✨

Jadilah member BelajarAstro KLUB untuk membaca artikel premium ini. Temukan artikel astronomi berkualitas, mendalam, terkini, anti copy-paste!

Kamu member? Lanjut baca

Dukung kami untuk terus aktif
Merasa artikel ini bermanfaat untuk kamu? Mau kami bisa terus menerbitkan artikel astronomi bermanfaat lainnya? Kami butuh dukunganmu!

Beri Dukungan
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.