Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Ke Manakah Perginya Materi yang Tertarik Gravitasi Lubang Hitam?

Salah satu hal yang masih menjadi teka-teki dalam penelitian lubang hitam adalah: Ke mana perginya semua materi yang tertarik ke dalam lubang hitam?
Ilustrasi lubang hitam. Kredit: LiveScience

InfoAstronomy - Lubang hitam kini bisa dibilang merupakan objek yang "normal" bagi para astronom. Lubang hitam telah diamati, dihitung, dan diukur oleh para astronom. Perilaku lubang hitam pun persis seperti yang dijabarkan dalam teori relativitas umum Einstein seabad lalu, ketika tidak ada yang menyangka kalau objek aneh seperti itu benar-benar ada di alam semesta.

Dengan kata lain, lubang hitam telah diketahui dengan cukup jelas. Di satu sisi, kita memiliki teori yang indah, relativitas umum, yang dikonfirmasi secara spektakuler oleh pengamatan astronomi, yang menjelaskan dengan baik apa yang dilihat oleh para astronom.

Di sisi lain, alam semesta itu mengejutkan, beraneka ragam, penuh dengan hal-hal yang tidak pernah kita duga atau bayangkan keberadaannya. Salah satu hal yang masih menjadi teka-teki dalam penelitian lubang hitam adalah: Ke mana perginya semua materi yang tertarik ke dalam lubang hitam?

✨ Konten Premium ✨

Jadilah member BelajarAstro KLUB untuk membaca artikel premium ini. Temukan artikel astronomi berkualitas, mendalam, terkini, anti copy-paste!

Kamu member? Lanjut baca

Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.