Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Citra Nebula Kepala Kuda Paling Jelas dan Detail Hasil Jepretan James Webb Dirilis!

Teleskop antariksa James Webb memotret bagian "surai" pada Nebula Kepala Kuda!
Bagian "surai" dari Nebula Kepala Kuda hasil jepretan James Webb. Kredit: NASA, ESA, CSA, K. Misselt (University of Arizona) and A. Abergel (IAS/University Paris-Saclay, CNRS)

InfoAstronomy - Ada yang baru dari hasil pengamatan Teleskop Antariksa James Webb! Baru-baru ini, Webb mengabadikan citra inframerah paling tajam dari Nebula Kepala Kuda, menangkap kompleksitas kawasan debu dan gas di sana dengan resolusi spasial yang belum pernah diamati sebelumnya.

Nebula Kepala Kuda, yang muncul dari gelombang turbulensi debu dan gas, yang juga dikenal sebagai Barnard 33, terletak sekitar 1.300 tahun cahaya jauhnya di arah rasi bintang Orion. Dalam citra terbaru Webb ini, Nebula Kepala Kuda terlihat hanya bagian "surai"-nya saja.

Awan debu dan gas Nebula Kepala Kuda yang tampak biru di bagian bawah dalam citra terbaru Webb ini didominasi oleh molekul hidrogen dingin. Gumpalan berwarna merah yang memanjang di atas nebula utama sebagian besar mewakili gas atom hidrogen.

Di wilayah ini, yang dikenal sebagai wilayah fotodisosiasi, sinar ultraviolet dari bintang-bintang masif muda di dekatnya menciptakan sebagian besar wilayah gas dan debu yang hangat dan netral di antara gas yang terionisasi penuh di atas dan nebula yang lebih dingin di bawah.

Seperti kebanyakan citra yang diambil oleh Webb, galaksi-galaksi jauh di latar belakang nebula tampak bertebaran. Citra ini sendiri terdiri dari cahaya dengan panjang gelombang 1,4 dan 2,5 mikron (diwakili dengan warna biru), 3,0 dan 3,23 mikron (cyan), 3,35 mikron (hijau), 4,3 mikron (kuning), dan 4,7 dan 4,05 mikron (merah).

Nebula Kepala Kuda

Bukan tanpa alasan nebula yang satu ini disebut sebagai "Nebula Kepala Kuda". Para astronom memang gemar menamai suatu nebula dari kenampakannya di langit yang mirip sesuatu di Bumi. Dengan kata lain, nebula ini memang mirip sekali dengan kepala kuda.

Perbandingan hasil pengamatan Nebula Kepala Kuda dari teleskop Euclid (kiri), Hubble (tengah), dan Webb (kanan). Kredit: ESA/Euclid/Euclid Consortium/NASA, image processing by J.-C. Cuillandre (CEA Paris-Saclay), G. Anselmi, NASA, ESA, and the Hubble Heritage Team (AURA/STScI), ESA/Webb, CSA, K. Misselt (University of Arizona), M. Zamani (ESA/Webb)

Nebula tersebut terbentuk dari awan material antarbintang yang runtuh, dan bersinar karena disinari oleh bintang-bintang panas di dekatnya. Awan gas yang mengelilingi Nebula Kepala Kuda telah menghilang, akan tetapi pilar yang menonjol sebagai bentuk kepala kuda itu terbuat dari gumpalan material yang tebal sehingga lebih sulit untuk terkikis.

Para astronom memperkirakan bahwa bentuk kepala kuda ini memiliki waktu sekitar lima juta tahun lagi sebelum akhirnya buyar, berubah bentuk. Pandangan baru Webb berfokus pada tepi bagian atas struktur debu dan gas khas nebula yang diterangi cahaya.

Laboratorium Kosmis

Nebula Kepala Kuda adalah wilayah yang didominasi foton (PDR), yaitu wilayah ruang angkasa tempat bintang-bintang masif muda menghangatkan gas dan debu dingin di antara bintang-bintang. Awan dingin ini berada di antara gas terionisasi yang lebih panas di dekat bintang-bintang yang baru lahir.

Citra paling dekat dan jelas dari Nebula Kepala Kuda oleh Webb. Kredit: NASA, ESA, CSA, K. Misselt (University of Arizona) and A. Abergel (IAS/University Paris-Saclay, CNRS)

Dalam PDR, bintang-bintang di sana memengaruhi sifat kimiawi gas dan debu dengan emisi sinar ultravioletnya. PDR ditemukan di antara bintang-bintang yang gasnya cukup padat untuk menahan ionisasi namun masih belum terlalu padat untuk memungkinkan sinar ultraviolet melewatinya.

Cahaya yang dipancarkan dari Nebula Kepala Kuda menjadi "laboratorium kosmis" untuk memelajari proses fisika dan kimiawi yang mendorong evolusi materi antarbintang di galaksi kita, hingga di seluruh alam semesta dari era awal pembentukan bintang yang pesat hingga hari ini.

Sumber & Referensi:
  • Abergel, A., Misselt, K., Gordon, K. D., Noriega-Crespo, A., Guillard, P., Van De Putte, D., ... & Trahin, B. (2024). JWST observations of the Horsehead photon-dominated region I. First results from multi-band near-and mid-infrared imaging. arXiv preprint arXiv:2404.15816.
  • Downer, B. & Pulliam, C. (2024). Webb Captures Top of Iconic Horsehead Nebula in Unprecedented Detail. Webb Space Telescope.
  • Hernández-Vera, C., Guzmán, V. V., Goicoechea, J. R., Maillard, V., Pety, J., Le Petit, F., ... & Misselt, K. (2023). The extremely sharp transition between molecular and ionized gas in the Horsehead nebula. Astronomy & Astrophysics, 677, A152.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.