Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Wahana Antariksa Voyager 1 Rusak, Siap Kehilangan Sepenuhnya?

Selama beberapa bulan terakhir, komunikasi antara Bumi dan Voyager 1 mengalami kendala karena kerusakan. Siap berpisah?
Ilustrasi Voyager 1. Kredit: NASA

InfoAstronomy - Voyager 1 adalah objek buatan manusia terjauh yang pernah diluncurkan dari Bumi. Ketika artikel ini diterbitkan, ia telah berada pada jarak lebih dari 24 miliar kilometer dari planet kita, terbang melintasi ruang antarbintang yang jauh di luar tata surya.

Sejak diluncurkan pada bulan Agustus 1977, wahana antariksa nirawak ini rutin melakukan kontak dengan Bumi. Namun, selama beberapa bulan terakhir, komunikasi antara Bumi dan Voyager 1 mengalami kendala karena kerusakan yang dialami sang wahana antariksa.

Apakah kita akan kehilangan wahana antariksa yang beroperasi paling lama kedua (setelah Voyager 2) dalam sejarah manusia ini?

NASA telah memantau masalah ini sejak September 2023 ketika Voyager 1 pertama kali mengalami gangguan. Para ilmuwan misi Voyager 1 tahu betul apa akar masalahnya, dan mereka berharap dengan pengetahuan tersebut mereka dapat mengembalikan Voyager 1 ke kondisi semula.

Pada bulan September 2023, muncul masalah dengan data yang dikirim dari Voyager 1. Biasanya, data dari Voyager 1 ditransmisikan dalam kode biner, atau rangkaian angka 0 dan 1 yang mewakili barisan kata. Namun, ada gangguan yang menyebabkan Voyager 1 hanya mengirimkan angka 1 dan 0 secara bergantian.

Sebenarnya, komunikasi antara wahana antariksa ini dan Bumi masih tersambung, tetapi “suara” Voyager 1 sudah tidak bisa dimengerti lagi. Alhasil, para ilmuwan tidak pernah lagi menerima data ilmiah atau pembaruan apa pun tentang kesehatan dan status wahana antariksa tersebut, termasuk informasi yang mungkin mengungkap sumber masalahnya.

Melalui berbagai cara tidak langsung, tim ilmuwan telah menyimpulkan bahwa masalahnya kemungkinan besar ada pada Flight Data System (FDS), salah satu komputer yang terpasang pada wahana antariksa tersebut. Tim ilmuwan pun sedang bekerja keras untuk menyelesaikan masalah ini, namun proses ini mungkin memakan waktu berbulan-bulan.

Ilustrasi Voyager 1 yang menyusuri kegelapan angkasa. Kredit: Getty Images

FDS selama ini adalah mengkonfigurasikan setiap instrumen Voyager 1 dan mengontrol operasinya, serta mengumpulkan semua data yang diambil oleh wahana antariksa. Sistem ini juga memformat data dari Voyager 1 untuk ditransmisikan ke Bumi, jadi sangat disayangkan memang saat ini FDS tidak bisa berfungsi normal.

Walau begitu, tim ilmuwan Voyager tidak menyerah. Pekan ini, tim akan mengirimkan lebih banyak data perintah ke wahana antariksa itu untuk mengumpulkan informasi tentang status sistem di dalamnya. Dalam beberapa bulan ke depan, tim akan mulai melakukan upaya yang lebih agresif untuk mengatur ulang berbagai sistem yang mungkin mempengaruhi FDS.

Tidak ada FDS cadangan, jadi jika tim tidak dapat memperbaiki masalah ini, kemungkinan besar operasi Voyager 1 akan berakhir. Kita akan kehilangan wahana antariksa ini sepenuhnya, melepasnya ke kegelapan ruang angkasa yang dalam.

Semoga penjelajah antarbintang kita kembali berkomunikasi dengan Bumi.

Sumber & Referensi:
  • Carpineti, A. (2024). What’s Going On With Voyager 1? NASA’s Interstellar Spacecraft's Future Looks Uncertain. IFLScience.
  • Gurnett, D. A., Kurth, W. S., Stone, E. C., Cummings, A. C., Heikkila, B., Lal, N., ... & Burlaga, L. F. (2020). A foreshock model for interstellar shocks of solar origin: Voyager 1 and 2 observations. The Astronomical Journal, 161(1), 11.
  • Kohlhase, C. E., & Penzo, P. A. (1977). Voyager mission description. Space science reviews, 21(2), 77-101.
  • Rudd, R. P., Hall, J. C., & Spradlin, G. L. (1997). The voyager interstellar mission. Acta astronautica, 40(2-8), 383-396.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.