Uap Air Terdeteksi di Atmosfer Planet Terkecil yang Pernah Ditemukan

Dengan ukuran sekitar dua kali diameter Bumi, GJ 9827d menjadi planet terkecil yang diketahui memiliki uap air di atmosfernya!
Ilustrasi planet ekstrasurya GJ 9827d dan bintang induknya. Kredit: NASA, ESA, Leah Hustak and Ralf Crawford (STScI)

InfoAstronomy - Sampai artikel ini diterbitkan, para astronom telah mengonfirmasi keberadaan lebih dari 5.000 planet ekstrasurya, planet yang mengitari bintang lain selain Matahari, di seantero galaksi Bimasakti. Salah satu dari planet-planet itu adalah GJ 9827d, planet ekstrasurya yang terdeteksi memiliki uap air!

Dengan ukuran sekitar dua kali diameter Bumi, GJ 9827d merupakan planet ekstrasurya yang mengorbit bintang katai merah yang berjarak 97 tahun cahaya dari Bumi di arah rasi bintang Pisces. Planet ini ditemukan dengan teleskop antariksa Hubble.

Ukurannya yang tidak terlalu besar itu membuat GJ 9827d menyandang predikat sebagai planet bebatuan terkecil yang pernah ditemukan, yang terdeteksi memiliki uap air di atmosfernya.

Walau begitu, para astronom di balik temuan planet ini sedang mengkaji dua skenario: apakah planet ini merupakan "Neptunus mini", planet dengan atmosfer kaya hidrogen yang mengandung air, atau apakah planet ini merupakan versi lebih hangat dari salah satu satelit alami Jupiter, Europa, yang mengandung air dua kali lebih banyak daripada Bumi yang tersembunyi di bawah keraknya.

Satu hal yang menarik, menurut Bjorn Benneke dari Universite de Montreal, pemimpin studi tentang planet ini, GJ 9827d bisa jadi terdiri dari separuh air dan separuh bebatuan, ditambah kemungkinan besar ada banyak uap air di atas kerak batuannya.

Pengamatan dan penelitian terhadap planet ini sendiri tidak hanya semalam atau dua malam saja, melainkan para astronom mengamatinya dengan Hubble selama periode tiga tahun lamanya, dalam 11 kali fenomena transit, momen saat planet melintas di depan bintangnya dalam pandangan dari Bumi.

Selama transit, cahaya bintang induknya tersaring melalui atmosfer planet, memungkinkan para astronom menggunakan instrumen Hubble untuk menganalisis pola warna (panjang gelombang), yang mengungkap ciri khas molekul air di atmosfer planet tersebut.

Sayangnya, sekalipun GJ 9827d memiliki atmosfer yang kaya akan air, suhunya diketahui sangat panas seperti Venus, yaitu 425 derajat Celcius, karena kedekatan jaraknya dengan bintang induknya. Suhu sepanas ini akan menjadikannya planet beruap yang tidak dapat dihuni, setidaknya oleh bentuk kehidupan seperti manusia.

Namun demikian, penemuan Hubble membuka jalan bagi studi masa depan terhadap GJ 9827d dan planet serupa, terutama oleh Teleskop James Webb, yang dapat menggunakan pencitraan inframerah resolusi tinggi untuk mencari lebih banyak molekul di atmosfer termasuk karbon dioksida dan metana.

“Air di planet sekecil ini merupakan penemuan penting,” kata salah satu pemimpin studi ini, Laura Kreidberg dari Institut Astronomi Max Planck di Jerman. “Hal ini semakin mendekatkan kita pada karakterisasi planet yang benar-benar mirip Bumi.”

Sumber & Referensi:
  • Roy, P. A., Benneke, B., Piaulet, C., Gully-Santiago, M. A., Crossfield, I. J., Morley, C. V., ... & Lothringer, J. D. (2023). Water Absorption in the Transmission Spectrum of the Water World Candidate GJ 9827 d. The Astrophysical Journal Letters, 954(2), L52.
  • Rodriguez, J. E., Vanderburg, A., Eastman, J. D., Mann, A. W., Crossfield, I. J., Ciardi, D. R., ... & Quinn, S. N. (2018). A System of Three Super Earths Transiting the Late K-Dwarf GJ 9827 at 30 pc. The Astronomical Journal, 155(2), 72.
  • Niraula, P., Redfield, S., Dai, F., Barragán, O., Gandolfi, D., Cauley, P. W., ... & Van Eylen, V. (2017). Three super-Earths transiting the nearby star GJ 9827. The Astronomical Journal, 154(6), 266.