Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Venus Akan Mencapai Puncak Kecerahannya pada 19 September 2023

Sering melihat objek mirip bintang tapi teraaaaaaang banget di langit timur saat subuh? Itu adalah planet Venus.
Venus di langit, 2020. Kredit: Christina McGoran

Info Astronomy - Sering melihat objek mirip bintang tapi teraaaaaaang banget di langit timur saat subuh? Itu adalah planet Venus. Pada dini hari 19 September 2023 besok, Venus akan mencapai puncak kecerahannya, lho!

Carilah arah Matahari terbit mulai pukul 04:00 dini hari waktu daerahmu pada 19 September 2023, Venus akan tampak seperti bintang terang yang sangat mencolok dan tidak berkelap-kelip di langit. Para astronom menyebut fenomena ini sebagai puncak kecerahan Venus.

Seberapa cerah? Sebagai gambaran, para astronom menggunakan skala magnitudo visual untuk menginformasikan seberapa cerah suatu objek langit. Matahari memiliki magnitudo visual -25, Bulan purnama memiliki magnitudo visual -12. Semakin minus angka magnitudo visual, semakin cerah suatu objek langit.

Nah, pada 19 September 2023 ini, magnitudo visual Venus akan mencapai -4,8 – paling terang untuk tahun 2023, dan bahkan Venus tidak akan tampak seterang ini lagi hingga Februari 2025 mendatang!

Posisi Venus di langit timur 19 September 2023. Kredit: InfoAstronomy.org

Kenapa Venus Muncul Terang?

Seperti yang diketahui, Venus adalah planet. Planet tidak memancarkan cahayanya sendiri. Cahaya yang planet hasilkan berasal dari pantulan cahaya Matahari yang menyinarinya. Nah, melihat Venus artinya melihat sisi siang hari dari planet tetangga Bumi kita ini.

Oh iya, mungkin kamu juga bingung nih kenapa Venus bisa terlihat di langit malam, bukankah Venus itu planet kedua dari Matahari?

Memang benar, Venus tidak bisa diamati di langit malam. Kenampakan Venus hanya ada di langit barat saat senja atau di langit timur saat dini hari. Venus tidak pernah muncul lewat dari jam 7 malam atau sebelum jam 3 pagi karena Venus adalah planet kedua dari Matahari di tata surya, ada di dalam orbit Bumi kita.

Venus sempat muncul di langit barat sejak awal tahun 2023. Ia kemudian mengalami konjungsi inferior – berada di antara Bumi kita dan Matahari – pada tanggal 13 Agustus 2023. Saat itu terjadi, Venus berpindah menuju kenampakannya di langit timur saat dini hari. Nah, sejak akhir Agustus kemarin, Venus telah mulai muncul di langit fajar.

Puncak kecerahan Venus sendiri terjadi karena kombinasi Venus yang berada pada jarak yang relatif dekat dari Bumi ditambah fasenya yang hampir separuh dalam pandangan dari Bumi.

Fase separuh, seperti Bulan, adalah momen ketika cahaya Venus sedang terang-terangnya. Dan karena jaraknya masih relatif dekat dari Bumi karena baru saja konjungsi inferior sebulan yang lalu, diameter sudut Venus juga masih sangat besar (sekitar 49 detik busur).

Sebagai gambaran, seperti ini posisi Venus:

Fase-fase Venus. Kredit: NASA/ Chmee2/ Wikimedia Commons

Puncak kecerahan Venus di langit dini hari selalu terjadi sekitar satu bulan sebelum Venus mencapai elongasi barat terbesarnya, yang mana akan terjadi pada tanggal 23 Oktober 2023 mendatang. Pada saat itu, fase Venus sudah membesar, tetapi jaraknya menjauh dari Bumi. Alhasil, ia tidak akan secerah 19 September 2023.

Jadi, selamat mengamati Venus ya!

Sumber:
  • Byrd, D. (2023). Venus brightest in morning sky September 19, 2023. EarthSky.org.
  • Ford, D. (2023). Venus at greatest brightness. In-the-sky.org.
  • Klesman, A. (2023). The Sky This Week from September 8 to 15: The Moon, Venus, and the bees. Astronomy.com.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.