Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Komet C/2023 P1 (Nishimura) Sudah Bisa Diamati di Langit!

Ada tamu yang datang dari ujung tata surya, sebuah objek langit yang dikenal sebagai komet.
Komet Nishimura. Kredit: Michael Jaeger

Info Astronomy - Ada tamu yang datang dari ujung tata surya, sebuah objek langit yang dikenal sebagai komet. Ditemukan pada 19 Agustus 2023 oleh astronom amatir Jepang, Hideo Nishimura, sang komet kini sudah bisa kita amati.

Komet Nishimura, atau yang dikatalogkan secara resmi sebagai C/2023 P1, perlahan bergerak mendekati perihelionnya, atau titik terdekat dengan Matahari dalam orbit panjangnya. Komet tersebut akan tiba di titik tersebut pada 17 September 2023, sebelum akhirnya bergerak kembali ke luar tata surya dalam periode orbitnya yang empat abad sekali. Saat mendekati Matahari, ia semakin terang, membuatnya semakin terlihat.

Komet tersebut akan melintas dekat dengan planet kita pada pekan depan, tepatnya tanggal 12 September 2023. Walau disebut dekat, jaraknya masih sangat aman yaitu 125,4 juta kilometer. Jarak tersebut hampir 84 persen jarak antara Bumi dan Matahari.

Meski begitu, 12 September 2023 bukan waktu terbaik untuk melihat Komet Nishimura. Memang benar Komet Nishimura akan terus meningkat kecerahannya saat ia mendekati Matahari, tetapi dalam perspektif kita di Bumi sang komet justru akan semakin dekat sudut elongasinya dengan Matahari di langit, sehingga sulit untuk melihatnya dengan jelas dalam silau Matahari.

Lalu, kapan waktu terbaik untuk melihatnya?

Besok pagi, 10 September 2023!

Letak komet Nishimura. Kredit: InfoAstronomy.org

Walau begitu, pengamatan Komet Nishimura ini agak tricky. Letaknya di langit sangat rendah dari cakrawala. Maka dari itu, kamu butuh pandangan ke arah langit timur yang bebas penghalang, misalnya di tepi pantai. Komet akan bersinar dengan magnitudo visual +4,5.

Komet tersebut saat ini sedang terbit pada dini hari di arah timur. Secara khusus, saat ini berada di antara rasi bintang Cancer dan Leo. Kamu dapat menggunakan Venus sebagai pemandu untuk menemukan Komet Nishimura. Komet ini akan berada sedikit lebih rendah dan sedikit ke kiri dari posisi “bintang pagi”.

Waktu dan posisi kemunculan Komet Nishimura memang tidak ideal bagi pengamat di Indonesia, namun jika berhasil mengamati komet hijau dengan ekornya yang panjang dan tipis ini akan menjadi hal yang hanya terjadi sekali seumur hidup. Sebab, setelah tahun ini, Komet Nishimura akan terlihat lagi di langit Bumi pada awal tahun 2431.

Selamat berburu Komet Nishimura!

Rekomendasi Teleskop:

Sumber:
  • Armstrong, M. (2023). Comet C/2023 P1 (Nishimura) brightening with nice tail. AstronomyNow.
  • Dickinson, D. (2023). Comet P1 Nishimura Could Be Bright Over the Next Few Weeks. Universe Today.
  • Whitt, K. K. & Irrizary, E. (2023). How to see the new comet – Nishimura – now. EarthSky.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.