Teleskop James Webb Menemukan "Tanda Tanya" di Luar Angkasa, Alien?

Ketika sedang memotret objek Herbig-Haro 46/47, hasil foto teleskop antariksa James Webb menunjukkan sebuah objek yang aneh tapi unik: Tanda tanya.
Tanda tanya raksasa di luar angkasa. Kredit: NASA/ESA/CSA

Info Astronomy
 - Ketika sedang memotret objek Herbig-Haro 46/47, hasil foto teleskop antariksa James Webb menunjukkan sebuah objek yang aneh tapi unik: Tanda tanya raksasa. Apakah ini penanda alien sedang bertanya ke kita?

Sayangnya bukan. Objek latar belakang dalam gambar terbaru dari Webb memang membingungkan, tetapi objek tersebut kemungkinan besar adalah dua atau lebih galaksi jauh yang sedang bertabrakan, menghasilkan bentuk yang mengingatkan kita pada "tanda tanya".

Galaksi tabrakan yang berbentuk mirip tanda tanya itu tampak sebagai noda di bawah Herbig-Haro 46/47, sepasang bintang muda yang telah dipelajari oleh para astronom selama beberapa dekade terakhir.

Herbig-Haro 46/47 sebenarnya terletak di tepian sebuah nebula yang gelap, jadi jika diamati dengan cahaya tampak (seperti yang teleskop Hubble lakukan), objek ini mungkin tidak tampak megah. Namun, berkat pengamatan inframerah Webb, ia mampu mengintip melalui lapisan-lapisan nebula gelap itu, mengungkap lebih banyak tentang lingkungan kedua bayi bintang ini.

Herbig-Haro 46/47 dan posisi tanda tanya raksasa. Kredit: NASA/ESA/CSA

Webb dengan pandangan inframerahnya memiliki pandangan yang sangat tajam ke alam semesta sehingga mampu menjepret objek latar belakang yang redup sekalipun, yang mana sebagian besarnya merupakan galaksi.

Penjelasan yang paling mungkin untuk menjelaskan bentuk aneh ini adalah objek tersebut merupakan proses tabrakan dan penggabungan galaksi yang terjadi di alam semesta jauh. Hal ini diketahui karena ada beberapa tabrakan galaksi di alam semesta lokal yang bentuknya mirip seperti ini. Salah satu contoh terkenal adalah Galaksi Tikus, atau NGC 4676.

Galaksi Tikus. Kredit: NASA/ESA, Hubble

Tabrakan dan penggabungan galaksi adalah fenomena yang umum di alam semesta. Ketika galaksi bertabrakan, maka mereka memiliki banyak bintang-bintang baru sehingga cenderung berwarna "lebih biru" karena cahaya yang lebih energik yang dipancarkan oleh bintang yang lebih muda.

Anehnya, tanda "?" raksasa di luar angkasa ini tidak berwarna biru, melainkan merah. Bisa jadi pertanda bahwa jaraknya memang jauh dari Bumi, atau merupakan objek lain yang belum diketahui.

Kalau menurut kamu, objek apa ini?

• Blome, C. (2023). Webb Snaps Highly Detailed Infrared Image of Actively Forming Stars. Webtelescope.org.
  • Downer, B. (2023). Webb snaps highly detailed infrared image of actively forming stars. Esawebb.org.
  • Tingley, B. (2023). James Webb Space Telescope spies giant cosmic question mark in deep space (photo). SPACE.com.