Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Planet Jupiter Kini Punya 92 Satelit Alami

Setelah sejak tahun 2019 rekor planet dengan satelit alami terbanyak dipegang oleh Saturnus, kali ini planet Jupiter sukses kembali menyalip rekor ter

Info Astronomy - Setelah sejak tahun 2019 rekor planet dengan satelit alami terbanyak dipegang oleh Saturnus, kali ini planet Jupiter sukses kembali menyalip rekor tersebut setela ditemukannya 12 satelit alami baru yang mengitari sang planet raksasa gas itu.

Dengan kata lain, jumlah satelit alami yang mengitari Jupiter naik, dari yang tadinya 80, kini menjadi 92 satelit alami. Selusin satelit tersebut dipublikasikan oleh Minor Planet Center (MPC) yang dijalankan oleh Observatorium Astrofisika Smithsonian.

Sebelumnya, pada tahun 2019, Saturnus menyandang planet dengan jumlah satelit alami terbanyak, yakni ada 83. Namun, jumla itu ternyata lebih sedikit dibanding satelit alami Jupiter. Per Februari 2023, jumlah satelit alami milik planet-planet di tata surya menjadi:


Sembilan dari dua belas satelit alami baru Jupiter ini berada pada jarak yang jauh dari paras Jupiter, yang pergerakan di orbitnya juga memiliki arah berlawanan dan membutuhkan setidaknya 550 hari untuk sakli mengitari Jupiter. Ukuran mereka pun kecil-kecil, suatu hal yang membuat mereka baru ditemukan.

Sementara itu, sisa tiga satelit alami baru lainnya ditemukan dalam kelompok satelit prograde. Dua di antaranya terletak di kelompok Himalia, yang mengorbit Jupiter pada jarak antara 11 hingga 12 juta kilometer, sementara satunya tergabung dalam kelompok Carpo, yang terletak sekitar 17 juta kilometer dari permukaan Jupiter.

Selamat atas 12 satelit alami barunya, Jupiter!

Sumber:
  • Hecht, J. (2023). Astronomers find a dozen more moons for Jupiter. Skyandtelescope.com.
  • Taub, B. (2023). Jupiter Officially Has 12 New Moons. IFLScience.com.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.