27 September Ini, Planet Jupiter Akan Mencapai Jarak Terdekat dari Bumi

Info Astronomy - Pada 27 September 2022 mendatang, planet terbesar di tata surya kita, Jupiter, akan mencapai titik oposisinya terhadap Matahari. Apa itu oposisi? Apakah ada dampaknya bagi Bumi kita? Yuk simak artikelnya.

Dalam astronomi, oposisi adalah istilah yang artinya sebuah planet akan berada pada titik yang berlawanan langsung dengan Matahari dari sudut pandang kita di Bumi. Dalam hal oposisi Jupiter, artinya letaknya adalah Matahari-Bumi-Jupiter sedang berada satu garis lurus di tata surya.

Pada momen oposisi ini, Jupiter akan terbit tepat pada waktu ketika Matahari terbenam dan terbenam di tepat pada waktu ketika Matahari terbit. Dan karena sedang satu garis lurus bersama Bumi, oposisi juga membuat Jupiter berada pada jarak terdekatnya dari planet kita, bahkan oposisi tahun ini adalah yang terdekat dalam 59 tahun terakhir!

Jupiter bisa diamati mulai 26 September 2022 ketika Matahari terbenam, dengan puncak oposisi akan terjadi pada pukul 02.25 WIB tanggal 27 September 2022. Dampaknya untuk Bumi? Tidak ada.

Oposisi Jupiter terjadi kira-kira setiap 13 bulan sekali karena dalam waktu yang dibutuhkan Bumi untuk mengelilingi Matahari, Jupiter baru melakukan perjalanan seperdua belas dari waktu yang diperlukan Bumi. Nah, agar Bumi dapat menyusul Jupiter lagi, dibutuhkan satu bulan ekstra dari titik yang sama di orbit kita di mana oposisi terjadi terakhir kali.

Jika planet-planet bergerak dalam lingkaran sempurna, setiap oposisi akan terjadi pada jarak yang sama. Namun, planet-planet mengorbit dalam bentuk elips, sehingga setiap 11,9 tahun Jupiter akan mencapai jarak terdekatnya dengan Matahari, yang dikenal sebagai perihelion. Pada perihelion, Jupiter hampir 40 juta kilometer lebih dekat ke Matahari.

Untuk oposisi Jupiter tahun ini, jarak planet terbesar itu akan mencapai 3,95 AU atau sekiar 590 juta kilometer dari Bumi kita. Hal itu akan membuat Jupiter muncul sangat terang di langit malam, dengan magnitudo visual -2,9 dan diameter sudut sebesar 48,8 detik busur.

Ini adalah jarak terdekat Bumi dengan Jupiter setidaknya sejak tahun 1963, dan planet kita tidak akan sedekat ini lagi dengan Jupiter selama berabad-abad ke depan.

Jika kamu punya teleskop, inilah kesempatan terbaik untuk melihat Jupiter lebih jelas.

Belum punya teleskop? Kami menyediakannya di InfoAstronomyStore.com.

Selamat mengamati Jupiter!

• King, B. (2022). Jupiter's Exceptionally Close Opposition. Sky & Telescope.
  • Luntz, S. (2022). Next Week Jupiter Will Be Its Closest And Brightest For 59 Years. IFLScience.
  • Ridgeway, B. (2022). Jupiter to Reach Opposition, Closest Approach to Earth in 59 Years!. NASA's Blog.