Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Foto Ilmiah Pertama Teleskop Antariksa James Webb Dirilis

Hari ini, para ilmuwan baru saja merilis foto ilmiah penuh warna pertama yang diabadikan oleh teleskop antariksa James Webb, observatorium terbesar da

Info Astronomy - Hari ini, para ilmuwan baru saja merilis foto ilmiah penuh warna pertama yang diabadikan oleh teleskop antariksa James Webb, observatorium terbesar dan paling kuat yang pernah diluncurkan ke luar angkasa. Menariknya, ini baru salah satu, akan ada 5 foto ilmiah yang akan dirilis!

Foto ilmiah pertama ini menampilkan gugus galaksi SMACS 0723. Ini adalah foto inframerah beresolusi tertinggi pertama dari alam semesta yang pernah diambil. Pemilihan SMACS 0723 sebagai salah satu target pertama masuk akal karena sangat cocok dengan studi Webb tentang alam semesta awal. Ditambah lagi, jarak SMASC 0723 diketahui sekitar 13,5 miliar tahun cahaya.

Teknologi pengamatan Webb yang sangat canggih itu akan mampu membantu kita melihat lebih dalam ke alam semesta daripada observatorium mana pun sebelumnya, yang berarti kita dapat melihat kembali ke masa lalu, melihat galaksi dan bintang-bintang pertama di alam semesta.

Kalau kamu penasaran, inilah foto ilmiah pertama Webb:


Bisa dilihat pada foto di atas, ada beberapa galaksi yang tampak memanjang. Hal itu terjadi akibat suatu fenomena yang dikenal sebagai pelensaan mikro gravitasi, ketika objek besar di depannya bertindak sebagai lensa yang memperbesar galaksi-galaksi di belakangnya.

Lensa gravitasi itulah yang membantu Webb memotret SMACS 0723. Memiliki massa 358 miliar kali massa Matahari kita, gugus galaksi ini memiliki diameter 4,2 miliar tahun cahaya, yang mana cahaya darinya berasal dari 13,5 miliar tahun yang lalu.

Selain foto ini, empat foto lagi akan dirilis malam ini, 12 Juli 2022 jam 21.30 WIB. Dengan kata lain, foto gugus galaksi ini adalah baru permulaan saja. Para astronom dan lembaga ilmiah di seluruh dunia akan menggunakan Webb ke depannya, yang akan memperluas pengetahuan kita tentang alam semesta awal yang belum pernah ada sebelumnya.

Saksikan siaran langsung pengumuman 5 foto ilmiah pertama James Webb di BelajarAstro, klik di sini untuk menontonnya LIVE: BelajarAstro.id/live

Sumber:
  • Byrd, D. (2022). 1st Webb image: Farther, deeper, older light. EarthSky.org.
  • Carpineti, A. (2022). JWST's First Full Color Image Is Here At Last, And This Is Just The Beginning. IFLscience.com.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.