Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Bumi Mencapai Aphelion Hari Ini, 4 Juli 2022

Hari ini, 4 Juli 2022, Bumi kita mencapai aphelion. Dalam astronomi, aphelion adalah istilah untuk menyebut jarak terjauh yang dicapai Bumi dari Matah

Info Astronomy - Hari ini, 4 Juli 2022, Bumi kita mencapai aphelion. Dalam astronomi, aphelion adalah istilah untuk menyebut jarak terjauh yang dicapai Bumi dari Matahari. Lawan dari aphelion adalah perihelion, yakni jarak terdekat. Adakah dampaknya?

Sebelum bicara dampak, mari kita cari tahu dulu kenapa bisa terjadi fenomena aphelion dan perihelion ini, biar sama-sama paham apa yang dibahas.

Jadi, setiap planet di tata surya memiliki jalur orbit masing-masing dalam mengitari Matahari. Nah, setiap jalur orbit ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Ada yang melingkar sempurna, yaitu Merkurius, ada pula yang bentuknya elips, seperti Bumi kita.

Bentuk jalur orbit yang elips ini bikin adanya variasi jarak antara Bumi ke Matahari. Puncak dari variasi jarak itu adalah, ada masanya Bumi berada di jarak terdekat, perihelion, ada pula massanya Bumi berada di jarak terjauh, aphelion, dari Matahari.

Kira-kira ilustrasinya begini:


Di aphelion, Bumi akan berjarak kurang lebih sekitar 152,1 juta kilometer dari Matahari, atau sekitar 1,67% lebih jauh dari Matahari daripada jarak rata-rata Bumi-Matahari. Akibatnya, diameter sudut Matahari di langit Bumi akan "mengecil" sekitar 3% dibandingkan ketika Bumi berada di perihelion pada Januari kemarin.

Namun, pada saat aphelion hari ini, suhu Bumi tidak akan mendingin. Variasi suhu musiman terjadi lebih karena arah kemiringan sumbu Bumi, bukan karena jarak kita dari Matahari. Sudut kemiringan sumbu Bumi memengaruhi bagaimana sinar Matahari menyinari Bumi.

Misalnya pada Juli ini, kemiringan Bumi bikin belahan Bumi utara lebih condong ke arah Matahari, menyebabkan mereka musim panas. Sebaliknya, belahan Bumi selatan saat ini sedang mengalami musim salju. Kita di Indonesia tidak akan terpengaruh secara signifikan karena berada di ekuator.

Jadi, kalau kamu merasa dingin di aphelion ini, itu bukan karena suhu Bumi yang menurun, tapi mungkin kamu terkena demam. Silakan periksakan ke dokter terdekat.

Sumber:
  • Byrd, D. (2022). Earth farthest from the sun on July 4. EarthSky.org.
  • Davis, M. (2022). Aphelion 2022: What to Expect When Earth Is at Its Furthest from the Sun. Sciencetimes.com.
  • Dobrijevic, D. (2022). Aphelion 2022: Earth will be farthest from the sun on the Fourth of July. SPACE.com.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.