Benarkah Planet-planet Sejajar pada 24 Juni?

Sudahkah kamu mendengar kabar kalau katanya akan ada fenomena planet sejajar pada 24 Juni 2022? Katanya sih, fenomena ini akan membuat bencana besar.

Info Astronomy - Tinggal di sebuah planet yang menjadi salah satu dalam sistem 8 planet yang disebut tata surya membuat kita bisa dengan mudah untuk melihat ketujuh planet lainnya.

Masih ingat dong urutan planet-planet tata surya? Kalau lupa, saya ingatkan lagi: Dari yang paling dekat Matahari sampai yang terjauh adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Nah, di langit Bumi, terutama langit malamnya, kita bisa melihat 5 dari 7 planet tata surya dengan mata telanjang, yaitu Merkurius hingga Saturnus. Dua planet yang tidak bisa diamati dengan mata telanjang adalah Uranus dan Neptunus karena mereka terlalu jauh dari Matahari sehingga tampak amat sangat luar biasa redup.

Oke, langsung ke inti pembahasan kali ini, sudahkah kamu mendengar kabar kalau katanya akan ada fenomena planet sejajar pada 24 Juni 2022? Katanya sih, fenomena ini akan membuat bencana besar. Afh iyh?

Yuk simak dulu penjelasannya.

Jadi begini, pada 24 Juni 2022, memang ada fenomena kenampakan 7 planet tata surya secara langsung di langit Bumi, yakni Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Dalam pandangan dari Bumi, mereka akan tampak berbaris. Atau menurut KBBI, "berbaris" ini sinonim dengan "sejajar".

Kira-kira begini kenampakan planet-planetnya:

Seperti yang digambarkan pada peta langit di atas, kamu bisa melihat 7 planet tata surya di langit timur mulai jam 04.45 pagi waktu setempat daerahmu. Perlu diperhatikan bahwa Uranus dan Neptunus tidak akan bisa diamati dengan mata telanjang karena terlalu redup, kamu perlu teleskop untuk bisa melihatnya.

Bahkan dalam pandangan mata telanjang, sisa planet selain Uranus dan Neptunus hanya akan muncul bagai bintang terang yang cahayanya tidak berkelap-kelip. Penggunaan teleskop sangat disarankan agar pengamatan planet menjadi lebih jelas, seperti bisa melihat cincin Saturnus atau satelit-satelit alami terbesar milik Jupiter.

Oh iya, dalam pandangan dari Bumi, planet-planet ini memang tampak "sejajar", tapi tidak di tata surya. Posisi planet-planet tata surya pada 24 Juni 2022 kira-kira akan seperti ini:

Bisa dilihat ya dari ilustrasi di atas, posisi planet-planet tata suryanya tidak sedang sejajar sama sekali. Mereka tampak "sejajar" hanya karena perspektif dari Bumi kita aja. Dan karena jarak planet-planet ini yang jauh, kenampakannya pun seolah tidak jauh berbeda, praktis bikin kita sulit mengetahui mana yang lebih dekat dan mana yang lebih jauh.

Maka dari itu, karena tidak ada planet yang sedang berada di posisi yang spesial, termasuk Bumi, fenomena ini tidak akan ada dampaknya sama sekali bagi planet kita. Pada 24 Juni 2022 nanti, Bumi akan aman-aman saja walaupun 7 planet berbaris di langit saat Subuh.

Justru inilah waktu terbaik untuk melihat 7 planet sekaligus dalam satu waktu, lho!

Kamu hanya perlu teleskop untuk mengamatinya. Kami merekomendasikan teleskop Celestron AstroMaster 70AZ. Dengan harga hanya Rp3.900.000, kamu bisa mendapatkan banyak bonus untuk pembelian teleskop ini, berlaku sampai 30 Juni 2022.

Teleskopnya tersedia di InfoAstronomyStore.com.

• Howell, E. (2022). See 5 planets align in the night sky this month in a rare treat!. SPACE.com.
  • Jones, G. (2022). Classical Planets to Form Cosmic Queue. Timeanddate.com.
  • Muller, C. (2022). Seven Planet Line Up 2022. Spacecenter.co.uk.