Gempa Terkuat di Planet Mars Berhasil Dideteksi

Info Astronomy - Gempa merupakan fenomena yang biasa terjadi di planet kita. Namun, tahukah kamu? Planet keempat dari Matahari di tata surya, Mars, ternyata juga mengalami gempa. Dan baru-baru ini, gempa terkuat di sana berhasil dideteksi.

Hal itu diketahui lewat wahana antariksa InSight milik NASA, yang telah merekam 1.313 kali gempa di Mars sejak ia mendarat di Planet Merah pada tahun 2018. Nah, dari ribuah gempa di Mars itu, yang terjadi pada 4 Mei 2022 – sol ke-1222 (hari Mars) dari misi InSight – gempa Mars terkuat dideteksi, dengan rekor magnitudo 5,0.

Rekor ini membuat gempa tersebut bukan hanya menjadi gempa terkuat di Mars, tetapi juga merupakan gempa terkuat yang pernah terdeteksi di planet lain sejauh ini!

Wahana antariksa InSight. Kredit: NASA/JPL-Caltech

Di Bumi, magnitudo 5,0 adalah gempa berukuran sedang. Tetapi di Mars, gempa dengan kekuatan sebesar itu sudah mendekati apa yang diyakini para ilmuwan sebagai batas atas kekuatan gempa yang bisa terjadi di sana.

Bahkan, para ilmuwan misi InSight menyebut gempa yang baru dideteksi ini sebagai "si besar (the big one)".Bruce Banerdt, peneliti utama InSight di Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA mengatakan, "Sejak kami meletakkan seismometer InSight pada bulan Desember 2018 di permukaan Mars, kami telah menunggu 'si besar' ini. Gempa ini memungkinkan kami meneliti interior Mars dengan lebih mendalam lagi."

InSight dikirim ke Mars dengan seismometer yang sangat sensitif, yang diciptakan oleh Centre National d'Études Spatiales (CNES) Prancis, untuk mempelajari interior terdalam planet tetangga Bumi kita itu. Cara kerjanya sederhana: Saat gelombang seismik melewati atau memantulkan material di kerak, mantel, dan inti Mars, gelombang tersebut berubah dengan cara yang dapat dipelajari oleh para seismolog untuk menentukan kedalaman dan komposisi lapisan-lapisan Mars.

Kelak, apa yang dipelajari para ilmuwan tentang struktur bagian dalam Mars ini dapat membantu mereka lebih memahami bagaimana proses pembentukan semua planet berbatu, termasuk Bumi dan Bulannya.

Seismometer InSight yang berada di permukaan Mars. Kredit: NASA/JPL-Caltech

Sampai sekarang, para ilmuwan masih mencari tahu lokasi pasti gempa terkuat di Mars ini dan bagaimana itu bisa terjadi. Mars tidak memiliki lempeng tektonik aktif seperti Bumi, tetapi bukti-bukti yang ada dalam beberapa tahun terakhir mengungkapkan bahwa planet ini masih aktif secara geologis di bawah permukaannya. Gempa besar terbaru ini membuktikan bahwa Mars masih "goyang dan berguling" hari ini.

Yang jelas, gempa terkuat di Mars ini tidak memakan korban jiwa dan kerugian yang ditaksir mencapai 0 rupiah. Untuk saat ini. Sebelum misi manusia ke Mars dilakukan di masa yang akan datang.

• Anderson, P, S. (2022). New 5.0 marsquake is biggest yet detected. EarthSky.org.
  • Good, A. & Greicius, T. (2022). NASA’s InSight Records Monster Quake on Mars. NASA.