Asteroid Besar Akan Lintas Dekat Bumi dengan Aman 27 Mei 2022

Info Astronomy - Sebuah asteroid besar seukuran 13 kali tinggi Monumen Nasional (Monas) akan melintas dekat dari planet Bumi kita pada 27 Mei 2022 mendatang, menurut Center for Near Earth Object Studies (CNEOS). Seberapa jauh jaraknya?

Jangan takut: Asteroid ini, yang dikatalogkan sebagai 7335 (1989 JA), masih berada pada jarak yang sangat jauh pada titik terdekatnya dari planet kita, yaitu sekitar 4.011.441 kilometer, atau hampir 10 kali jarak rata-rata antara Bumi dan Bulan.

Meski jaraknya masih jauh dari Bumi, ukuran batu luar angkasa ini diketahui sangat besar, yaitu berdiameter sekitar 1,8 kilometer. Maka dari itu, para astronom di CNEOS telah mengklasifikasikan asteroid ini sebagai "asteroid berpotensi berbahaya", yang berarti ia dapat menyebabkan kerusakan besar pada planet kita jika orbitnya mengarahkannya ke Bumi secara langsung. Untungnya, hal itu tidak akan terjadi.

Menurut CNEOS, 7335 (1989 JA) adalah asteroid terbesar yang akan melakukan pendekatan dekat ke Bumi tahun ini. Para ilmuwan memperkirakan asteroid tersebut bergerak dengan kecepatan sekitar 76.000 km/jam, atau 20 kali lebih cepat dari kecepatan peluru yang ditembakkan dari senjata.

Setelah tahun ini, asteroid 7335 (1989 JA) akan mencapai jarak terdekat ke Bumi lagi pada 23 Juni 2055, yang mana saat itu akan lebih jauh lagi dari Bumi, yakni sekitar 70 kali jarak antara Bumi dan Bulan.

7335 (1989 JA) juga masuk ke dalam kelas asteroid yang disebut kelas Apollo, yang artinya ia merupakan salah satu dari ratusan asteroid lainnya yang mengorbit Matahari sambil secara berkala melintasi orbit Bumi. Sampai artikel ini diterbitkan, para astronom telah menemukan sekitar 15.000 asteroid semacam itu di tata surya.

Melihat 7335 (1989 JA) dengan Teleskop

Jika kamu memiliki teleskop, kamu berkesempatan untuk melihat asteroid ini secara langsung, lho!

Asteroid ini kemungkinan akan mencapai kecerahan atau magnitudo +11,7. Kecerahan tersebut cukup terang untuk dilihat lewat teleskop yang setidaknya berdiameter 6 hingga 8 inci (15 hingga 20 cm), yang mana akan menampilkan asteroid ini sebagai titik terang kecil yang bergerak lambat di depan bintang-bintang latar belakang. Jarak yang jauh akan membuatnya tampak bergerak lambat, padahal sebenarnya asteroid ini sedang berjalan sangat cepat.

Ke arah mana kalau mau melihatnya?

Pengamatan dengan mata telanjang tidak dapat dilakukan mengingat jarak asteroid yang jauh dan kecilnya ukuran asteroid tersebut. Dengan begitu, asteroid ini akan menjadi terlalu redup untuk bisa dilihat oleh mata kamu tanpa alat bantu.

Setiap harinya sepanjang tahun, lembaga-lembaga antariksa di dunia secara aktif memantau asteroid-asteroid seperti ini dengan cermat untuk mengetahui sedini mungkin apabila ada asteroid yang orbitnya akan bertabrakan dengan Bumi kita.

Namun, untuk 1 abad ke depan, para astronom menemukan bahwa tidak ada satu pun asteroid yang teramati akan menabrak Bumi. Dengan begitu, setidaknya kita masih aman, untuk sementara waktu.

• Irizzary, E. (2022). Large asteroid 7335 to pass safely May 27. EarthSky.org.
  • Mahapatra, P. R., Benner, L. A., Ostro, S. J., Jurgens, R. F., Giorgini, J. D., Yeomans, D. K., ... & Shapiro, I. I. (2002). Radar observations of asteroid 7335 (1989JA). Planetary and Space Science, 50(3), 257-260.