Mau Melihat Planet-planet Tata Surya? Ini Teleskop yang Cocok!

Info Astronomy - Pernahkah kamu melihat cincin Saturnus? Atau melihat Jupiter lengkap dengan empat satelit alami terbesarnya? Sayangnya, jarak planet-planet ini sangat jauh dari Bumi, sehingga perlu teleskop untuk melihatnya. Nah, teleskop apa ya yang cocok?

Memiliki teleskop sudah pasti menjadi dambaan setiap orang yang menyukai astronomi. Namun, seringkali memilih teleskop adalah hal yang menyulitkan bagi pemula. Banyak pertimbangan seperti teleskop apa yang cocok, seperti apa pandangan dengan teleskopnya, dan lain sebagainya.

Dalam artikel ini, kami merekomendasikan teleskop yang cocok untuk melihat planet: Celestron AstroMaster 70AZ.

Ini merupakan teleskop jenis refraktor yang murah dan cocok digunakan bagi pemula. Dengan dudukan berjenis altazimuth, penggunaan teleskopnya untuk diarahkan ke objek-objek langit juga sangat mudah dilakukan, bahkan untuk yang belum pernah menggunakan teleskop sebelumnya.

Kenapa Harus Celestron AstroMaster 70AZ?

Sebagai teleskop murah dengan spesifikasi yang mumpuni, AstroMaster adalah teleskop yang layak kamu miliki karena kualitasnya sepadan dengan harganya.

Teleskop ini memiliki kinerja yang cukup baik untuk pengamatan objek-objek langit, terutama planet-planet besar di tata surya. Berkat rasio fokusnya yang kecil, aberasi kromatik pun bisa diminimalisir dalam pandangan teleskop ini. Dengan kata lain, kualitas pengamatannya sangat baik.

Teleskop ini juga memiliki aperture selebar 70 mm, cocok digunakan untuk mengamati objek langit jauh seperti galaksi dan nebula. Sistem cincin Saturnus yang megah serta satelit-satelit alami yang mengitari Jupiter pun dapat terlihat jelas.

Spesifikasi Lengkap AstroMaster 70AZ

• Desain optik: Refraktor
  • Aperture: 70 mm
  • Focal length: 900 mm
  • Focal Ratio: 13
  • Eyepiece 1: 20 mm (45x)
  • Eyepiece 2 : 10 mm (90x)
  • Barlow Lens: 3x
  • Finderscope: Red-dot Star Pointer
  • Star Diagonal: 1,25"
  • Mount: Altazimuth
  • Tripod: Aluminum
  • Bobot packing: 15 kg
  • Optical Coatings: Fully-Coated
  • Panjang tabung optik: 914 mm
Rerfaktor artinya teleskop ini menggunakan lensa untuk mengumpulkan cahaya, lensa objektif dan lensa okuler. Focal length adalah panjang dari fokus teleskop ini, yang mana mencapai 900 mm. Dengan begitu, jika kamu mengamati dengan eyepiece atau lensa mata 10 mm, kamu akan mendapatkan pembesaran hingga 90 kali.

Hasil Pengamatan AstroMaster 70AZ

Nah, penasaran bagaimana hasil pengamatan dengan teleskop ini? Berikut ini adalah hasil pengamatan dengan teleskop Celestron AstroMaster 70AZ terhadap beberapa objek langit.

Bagaimana? Keren-keren banget, kan? Selain melihat planet-planet, teleskop Celestron AstroMaster 70AZ ini juga sangat cocok untuk pengamatan Bulan dan objek langit jauh.

Bagi kamu yang memiliki kamera DSLR, kamu bisa menyambungkan teleskop ini untuk pengganti lensanya, lho. Bahkan kalau hanya memakai kamera smartphone, kamu bisa menyambungkan smartphone kamu itu dengan teleskop ini untuk mulai memotret objek-objek langit!

Tertarik untuk memiliki Celestron AstroMaster 70AZ?