Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Yuk Lihat "Kereta" Satelit Starlink Berjejer di Langit Malam!

Ketika sedang mengamati langit, pernahkah kamu melihat segerombolan objek terang bergerak yang berjejer seperti kereta? Kemungkinan, objek yang kamu a

Info Astronomy - Ketika sedang mengamati langit, pernahkah kamu melihat segerombolan objek terang bergerak yang berjejer seperti kereta? Kemungkinan, objek yang kamu amati itu adalah satelit Starlink!

Starlink merupakan satelit-satelit komunikasi dan internet milik SpaceX, sebuah perusahaan antariksa swasta AS milik Elon Musk. Per 4 Maret 2022, telah ada 2.016 satelit Starlink yang beroperasi di orbit Bumi untuk melayani internet di berbagai negara.

Satelit-satelit Starlink, yang mengorbit Bumi pada ketinggian sekitar 440 kilometer di atas permukaan Bumi, menampilkan pertunjukan spektakuler bagi pengamat di permukaan Bumi saat mereka bergerak melintasi langit malam.

Dalam pandangan kasat mata, satelit-satelit Starlink akan muncul bagaikan "kereta" yang bergerak di depan bintang-bintang. Kemunculannya memang tidak terlalu terang, umumnya dalam magnitudo +4 hingga +5, meskipun beberapa pengamat telah melaporkan bahwa beberapa satelit Starlink bisa tampak lebih terang dari ini.

Seberapa panjang "kereta" Starlink di langit? Satelit-satelit ini akan terbentang dalam garis lurus dengan panjang kira-kira 5 hingga 8 derajat. Kepalkan jari tangan kamu, lalu luruskan lengan sejajar dengan mata kamu. Kepalan jari tangan kamu itu kira-kira setara dengan lebar 10 derajat. Dengan begitu, "kereta" satelit saat ini berukuran kira-kira hanya kurang dari satu kepalan tangan saat bergerak melintasi langit.

Cara Menemukan Starlink

Belum pernah melihat Starlink tapi mau coba untuk menemukannya di langit? Gampang, kamu bisa mengikuti tutorial berikut ini:
  1. Silakan unduh aplikasi Heavens-Above yang tersedia di toko-toko aplikasi.
  2. Setelah diunduh, atur lokasi pengamatan tempat kamu berada, bisa secara manual maupun lewat GPS secara otomatis.
  3. Kalau sudah mengatur lokasi, silakan pilih menu "Search satellites" yang ada di bagian depan aplikasi.
  4. Pada halaman "Search satellites", klik tombol filter di kanan atas layar, kemudian ketik "Starlink" pada kolom pencarian yang muncul.
  5. Nantinya, ratusan satelit Starlink akan muncul. Kamu bisa klik salah satunya untuk melihatnya melintasi langit daerah rumah kamu pada tanggal dan jam-jam yang telah diinformasikan.
Satelit Starlink akan muncul seperti pada video ini:



Sumber:
  • Mallama, A. (2021). Starlink Satellite Brightness--Characterized From 100,000 Visible Light Magnitudes. arXiv preprint arXiv:2111.09735.
  • McDowell, J. C. (2020). The low earth orbit satellite population and impacts of the SpaceX Starlink constellation. The Astrophysical Journal Letters, 892(2), L36.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.