Saran pencarian

3 Teleskop Murah tapi Berkualitas untuk Pemula

Dalam hobi astronomi, rasanya ada yang kurang kalau belum punya teleskop. Dengan teleskop, kita bisa melihat objek-objek langit lebih jelas, seperti m

Info Astronomy - Dalam hobi astronomi, rasanya ada yang kurang kalau belum punya teleskop. Dengan teleskop, kita bisa melihat objek-objek langit lebih jelas, seperti melihat kawah-kawah di permukaan Bulan, melihat cincin planet Saturnus yang megah, hingga melihat gugusan bintang. Lalu, apakah ada teleskop murah tapi berkualitas?

Jawabannya, ada!

Artikel kali ini akan membagikan informasi kepada kamu tentang 3 teleskop murah tapi berkualitas untuk pemula, bahkan bagi orang yang belum pernah menggunakan teleskop sama sekali sebelumnya. Penasaran dong teleskop apa aja?

1. Teleskop Celestron PowerSeeker 50 AZ

Kalau kamu benar-benar pemula, kamu bisa pilih teleskop Celestron PowerSeeker 50 AZ ini. Dengan harga yang tidak terlalu mahal, Celestron PowerSeeker 50 AZ cocok untuk menjadi teleskop pertama kamu dalam menjalani hobi astronomi.


Celestron PowerSeeker 50 AZ merupakan jenis teleskop refraktor, yaitu yang menggunakan lensa untuk mengumpulkan cahaya dari objek langit yang diamati. Tipe ini juga merupakan salah satu yang paling murah yang ditawarkan Celestron karena memang merupakan teleskop tingkat pemula, cocok untuk anak-anak yang mulai suka mengamati langit malam.

Tidak hanya untuk mengamati objek-objek langit, Celestron PowerSeeker 50 AZ juga dapat digunakan untuk pengamatan berbasis darat, seperti gunung atau pemandangan. Beratnya sendiri kurang dari 2,5 kilogram dan memiliki tripod aluminium ringan yang tingginya sekitar 150 cm, menjadikannya mudah dibawa ke mana-mana karena tidak terlalu memberatkan.

Kelebihan:
  • Mudah digunakan. Teleskop Celestron PowerSeeker 50 AZ adalah teleskop yang cocok digunakan untuk orang yang sama sekali tidak paham cara memakai teleskop itu sendiri. Kamu hanya perlu merakitnya, kemudian bisa langsung menggunakannya. Dijamin bisa langsung memahami cara kerjanya.
  • Kecil dan ringan. Tipe Celestron yang ini mungkin merupakan teleskop teringan yang dijual di pasaran, menjadi pilihan yang bagus kalau kamu mau membawa teleskop ini bepergian, misalnya ke puncak gunung.
  • Sangat murah. Harga Celestron PowerSeeker 50 AZ tidak lebih dari 2 juta rupiah. Kamu tidak perlu menguras kantong terlalu dalam untuk mendapatkannya.
  • Bagus untuk melihat pemandangan dir Bumi. Teleskop Celestron PowerSeeker 50 AZ adalah salah satu teleskop Celestron terbaik untuk melihat pemandangan di Bumi.
  • Pembesaran yang cukup baik. Dengan lensa objektif sepanjang 600 mm, kamu bisa mendapatkan pembesaran hingga 150x saat pengamatan menggunakan lensa okulernya yang berukuran 4 mm. Sudah bagus untuk melihat Bulan dan planet-planet besar tata surya.
Kekurangan:
  • Merupakan tipe teleskop level pemula. Kalau kamu sudah lama belajar atau suka astronomi dan butuh teleskop yang mumpuni untuk melihat objek-objek langit jauh, kamu mungkin akan cepat bosan dengan Celestron PowerSeeker 50 AZ. Itu karena teleskop ini, meskipun banyak kualitasnya, merupakan teleskop level pemula.
  • Cukup riskan. Kecuali kualitas lensa kaca dan tripod aluminium yang kokoh, setiap bagian lainnya dari teleskop Celestron PowerSeeker 50 AZ ini terbuat dari plastik. Jadi kamu harus benar-benar hati-hati dalam menggunakannya, jangan sampai teleskopnya terjatuh atau terbanting ke tanah ya.
Mau beli Celestron PowerSeeker 50 AZ?
Kami menyediakan teleskop ini di InfoAstronomy Store. Sepanjang Februari 2022, kamu teleskop ini juga diskon dari harga Rp1.799.000 menjadi hanya Rp1.499.000. Klik di sini untuk beli.


2. Teleskop Celestron PowerSeeker 60 AZ

Kalau kamu mau beli teleskop yang lebih baik kualitasnya dibanding Celestron PowerSeeker 50 AZ di atas, kamu bisa pilih "kakak"-nya nih, Celestron PowerSeeker 60 AZ. Teleskop ini juga cocok banget nih kalau mau kamu jadikan sebagai teleskop pertama dalam hobi astronomi.


Celestron Powerseeker 60 AZ cocok untuk pemula dalam astronomi, tetapi menginginkan hasil pengamatan yang luar biasa bagus. Bahkan, kalau kamu suka fotografi, teleskop ini bisa menjadi pengganti lensa kamera DSLR kamu, sehingga kamu bisa melakukan pemotretan objek-objek langit jauh seperti nebula atau galaksi di langit malam.

Salah satu fitur penting yang bisa dibanggakan dari teleskop ini adalah memiliki komponen optik kaca dengan pelapis berkualitas tinggi, sehingga tingkat kecerahan dan kejernihan objek langit yang diamati bisa sangat tinggi dan luar biasa bagus. Oh iya, seperti PowerSeeker 50 AZ, teleskop ini juga berjenis refraktor dengan dudukan altazimuth yang mudah digunakan oleh pemula yang belum pernah menggunakan teleskop sebelumnya.

Kelebihan:
  • Teleskop Celestron PowerSeeker 60 AZ sangat mudah dirakit dan dibawa-bawa karena cukup ringan.
  • Kualitas (kejelasan dan kecerahan) gambar yang dihasilkan sangat spektakuler dibandingkan dengan produk teleskop lain di kelasnya.
  • Pembelian akan mendapatkan sebuah perangkat lunak "TheSkyX - First Light Edition" untuk PC. Ini adalah basis data yang berisi lebih dari 10.000 objek langit, peta langit yang dapat dicetak, sehingga pengguna dapat mencari objek langit dengan lebih mudah dan memahami apa yang mereka lihat di langit malam.
  • Kisaran harganya terjangkau, menjadikannya salah satu teleskop terbaik di pasaran untuk pemula yang baru mulai menyukai dunia astronomi.
  • Memiliki lensa objektif sepanjang 700 mm. Jika melakukan pengamatan dengan lensa okulernya yang berukuran 4 mm, kamu bisa mendapatkan pembesaran hingga 175x, sudah lebih dari cukup untuk melihat cincin Saturnus, planet Jupiter dengan bulan-bulan terbesarnya, hingga galaksi-galaksi tetangga Bimasakti.
Kekurangan:
  • Bagi beberapa orang, teleskop ini dianggap masih terlalu rendah spesifikasinya untuk pengamatan objek langit jauh, misalnya nebula-nebula yang redup, terutama kalau pengamatannya di area kota yang berpolusi cahaya.
  • Beberapa pemula yang belum berpengalaman menggunakan teleskop mungkin merasa lensa okuler 4 mm sulit digunakan.
  • Kalau kamu berencana menggunakan teleskop ini untuk melihat planet-planet kecil seperti Venus atau Mars, sebaiknya jangan berekspektasi tinggi dulu karena pembesarannya masih kurang.
Mau beli Celestron PowerSeeker 50 AZ?
Kami menyediakan teleskop ini di InfoAstronomy Store. Sepanjang Februari 2022, kamu teleskop ini juga diskon dari harga Rp2.699.000 menjadi hanya Rp2.299.000. Klik di sini untuk beli.


3. Teleskop Celestron PowerSeeker 70 AZ

Di antara ketiga teleskop dalam artikel ini, Celestron PowerSeeker 70 AZ bisa dibilang merupakan tipe yang paling bagus, terutama dari segi panjang lensa objektif sehingga pengguna bisa mendapatkan pembesaran dan hasil pengamatan yang lebih baik.

Meski begitu, teleskop ini masih tetap cocok digunakan untuk pemula yang baru mulai mencoba menggunakan teleskop, maupun bagi orang yang sudah lebih berpengalaman dalam astronomi maupun dalam penggunaan teleskop.


Satu hal yang menarik dari teleskop ini adalah, dalam paket teleskopnya dilengkapi dengan lensa Barlow. Lensa yang satu ini cukup berguna untuk meningkatkan pembesaran menjadi 3 kali lipat. Jadi, dengan panjang lensa objektif 700 mm, penggunaan lensa okuler 4 mm ditambah lensa Barlow membuat kamu bisa mendapatkan pembesaran hingga 525x.

Pembesaran sekuat itu memungkinkan kamu untuk melihat objek-objek kecil seperti planet Venus, Mars, dan melihat nebula-nebula redup menjadi lebih mudah.

Celestron PowerSeeker 70AZ juga merupakan teleskop refraktor. Ia juga cukup ringan dan mudah dirakit untuk digunakan. Kamu bisa mudah membawa teleskop ini ke mana-mana jika ingin melakukan pengamatan di tempat-tempat tertentu yang kondisi langitnya masih gelap.

Kelebihan:
  • Celestron PowerSeeker 70 AZ dilengkapi dengan komponen berkualitas tinggi, termasuk pelapis optik, dudukan altazimuth yang kokoh, dan tripod aluminium yang solid anti-goyah.
  • Teleskop ini sangat mudah untuk dirakit untuk digunakan maupun dibongkar kembali untuk disimpan. Perawatannya pun sangat mudah, cukup dibersihkan saja bagian lensanya dengan kain yang didapatkan dalam paket teleskopnya.
  • PowerSeeker 70 ini dilengkapi dengan database "TheSkyX – First Light Edition" yang berisi lebih dari 10.000 gambar objek langit, peta langit yang dapat dicetak, sehingga kamu bisa dengan mudah mengetahui objek apa yang sedang kamu amati.
  • Hampir semua komponen teleskop Celestron PowerSeeker 70 AZ dibuat dengan baik dan berkualitas tinggi.
  • Harga yang terjangkau untuk teleskop ini membuatnya cocok menjadi teleskop pertama kamu dalam hobi astronomi.
Kekurangan:
  • Ini adalah teleskop level pemula, spesifikasi teknisnya kurang memuaskan jika kamu sudah berada di level menengah ke atas dalam astronomi.
  • Beberapa komponen terbuat dari plastik, yang seolah membuatnya menjadi sangat riskan.
  • Aperturenya tidak akan memungkinkan pengguna untuk menatap ke luar angkasa dan melihat beberapa objek langit dengan detail, terutama objek langit jauh seperti nebula redup.
  • Kamu harus menjauhi polusi cahaya untuk mendapatkan pemandangan objek langit yang bagus dengan teleskop ini.
Mau beli Celestron PowerSeeker 50 AZ?
Kami menyediakan teleskop ini di InfoAstronomy Store. Sepanjang Februari 2022, kamu teleskop ini juga diskon dari harga Rp3.399.000 menjadi hanya Rp2.998.000. Klik di sini untuk beli.


Nah, itu dia 3 teleskop murah tapi berkualitas untuk pemula. Teleskop-teleskop ini bisa banget kamu miliki untuk lebih mendukung hobi astronomi kamu biar lebih seru.

Yuk miliki teleskop sendiri!
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.