Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Yuk Berburu Komet C/2021 A1 (Leonard) Sepanjang Pekan Ini!

Mari bersiap! Pekan ini, dari 7 hingga 10 Desember 2021, kita berkesempatan untuk mengamati sebuah komet terang tahun ini, yakni komet C/2021 A1 (Leon

Info Astronomy - Mari bersiap! Pekan ini, dari 7 hingga 10 Desember 2021, kita berkesempatan untuk mengamati sebuah komet terang tahun ini, yakni komet C/2021 A1 (Leonard). Pada artikel ini, InfoAstronomy akan menjelaskan lengkap bagaimana kamu bisa menemukan kometnya.

Komet Leonard sendiri ditemukan oleh astronom Greg Leonard pada 3 Januari 2021 di Observatorium Gunung Lemmon di Arizona, AS. Saat ditemukan, komet ini diperkirakan masih berada pada jarak di antara orbit Mars dan Jupiter, tetapi para astronom melaporkan bahwa ekor komet tersebut telah terbentuk.

Menurut perhitungan orbit yang dilakukan para astronom, komet Leonard akan mencapai perigee, atau jarak terdekat dari Bumi, pada 12 Desember 2021 mendatang. Namun, waktu terbaik untuk melihatnya akan terjadi pada tanggal 9 Desember 2021, ketika sang komet tidak terlalu rendah posisinya di langit tetapi kenampakannya diperkirakan sudah cukup terang.

Para astronom menggunakan skala bernama magnitudo visual untuk menyatakan kecerahan objek langit, termasuk komet. Semakin kecil, bahkan minus, angka magnitudo visual, artinya objek langit cahayanya semakin terang.


Mata manusia bisa melihat objek dengan magnitudo visual paling redup +6. Nah, komet Leonard diperkirakan akan mencapai magnitudo +4,6 pada 7 hingga 10 Desember 2021 ini, yang artinya bisa diamati dengan mata telanjang.

Meski begitu, karena jarak komet Leonard yang masih terlalu jauh dari Bumi (sekitar 34 juta kilometer), kita masih membutuhkan teleskop untuk bisa melihat ekor sang komet. Dalam pandangan mata telanjang, komet Leonard hanya akan muncul bagai titik hijau kecil yang sedikit menyebar, berbeda dengan kenampakan bintang.

Mari sekarang kita lacak posisi komet Leonardnya, biar kita lebih mudah menemukannya.

7 Desember 2021

Bangun lebih pagi pada 7 Desember 2021 karena komet Leonard hanya terlihat pada dini hari sebelum Matahari terbit. Tanggal ini adalah tanggal mulai pengamatan komet Leonard karena sang komet sudah mulai cukup cerah untuk diamati.

Pada 7 Desember 2021, posisi komet Leonard berada pada:


Komet Leonard akan berada di depan rasi bintang Bootes, dekat bintang paling terangnya, Arcturus. Ia berada pada ketinggian sekitar 16 derajat dari cakrawala timur laut pada jam 04.45 pagi waktu setempat daerahmu. Magnitudo visualnya sendiri masih sekitar +5,3, perlu lokasi pengamatan yang cukup gelap.

8 Desember 2021

Hari berikutnya, 8 Desember 2021, komet Leonard yang bergerak mengelilingi Matahari itu akan berpindah posisi dalam pandangan dari Bumi. Ia akan semakin rendah posisinya di langit jika diamati pada jam yang sama dengan pengamatan 7 Desember 2021.

Posisinya kira-kira di sini:


Komet Leonard pada 8 Desember 2021 akan berada pada ketinggian sekitar 12 derajat dari cakrawala timur laut jam 04.45 pagi waktu setempat daerahmu. Magnitudo visualnya sedikit lebih cerah, yakni sekitar +5,1.

9 Desember 2021

Inilah waktu terbaik untuk mengamati komet Leonard. Meski begitu, posisi komet ini sudah berubah lagi, semakin rendah ke dekat cakrawala. Maka dari itu, waktu pengamatan komet Leonard pada 9 Desember 2021 baiknya dimulai jam 05.00 pagi waktu setempat daerahmu.


Magnitudo visual komet Leonard pada 9 Desember 2021 sudah cukup cerah, yakni +4,8. Kalau lokasi pengamatan kamu cerah dan pandangan ke arah timur tidak terhalang apapun, kamu semestinya bisa melihat komet ini dengan mata telanjang dengan warna kehijauan yang unik.

10 Desember 2021

Ini adalah kesempatan terakhir untuk menemukan komet Leonard sebelum sang komet semakin mendekati Matahari, sehingga posisinya semakin rendah dari cakrawala timur dalam pandangan dari Bumi.

Meskipun magnitudo visualnya semakin cerah, yakni sekitar +4,6, letak komet Leonard pada 10 Desember 2021 sudah di bawah 10 derajat kalau diamati pada waktu pengamatan yang sama dengan 9 Desember 2021.


Pada 10 Desember 2021, komet Leonard akan berada di depan rasi bintang Serpens. Waktu pengamatannya akan sangat sebentar karena Matahari akan segera terbit. Ia akan semakin rendah dari hari ke hari berikutnya.

Itulah panduan letak dan posisi komet Leonard pekan ini. Untukmu yang mau melakukan pengamatan komet Leonard dengan jelas, kami merekomendasikan teleskop berikut:
Semoga cuaca pagi hari sepanjang pekan ini di daerahmu selalu cerah agar bisa berburu komet C/2021 A1 (Leonard) ya. Kalau kamu berhasil mengabadikan komet Leonard, jangan lupa bagikan juga ke Instagram @infoastronomy.

Selamat berburu komet!

Sumber:
  • Leonard, G. J., Aschi, S., Pettarin, E., Groeller, H., Rankin, D., Gray, B., ... & Erasmus, N. (2021). COMET C/2021 A1 (Leonard). Minor Planet Electronic Circulars, 2021.
  • Zhang, Q., Ye, Q., Vissapragada, S., Knight, M. M., & Farnham, T. L. (2021). Preview of Comet C/2021 A1 (Leonard) and Its Encounter with Venus. The Astronomical Journal, 162(5), 194.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.