Planet Jupiter Baru Saja Ditabrak Asteroid Besar

Info Astronomy - Para astronom dan pengamat langit di seluruh dunia baru-baru ini dikejutkan ketika mereka mengamati adanya titik cahaya terang pada planet raksasa Jupiter. Usut punya usut, cahaya terang tersebut muncul karena Jupiter baru saja ditabrak sebuah asteroid.

Salah satu pengamat yang berhasil mengabadikan cahaya terang tersebut adalah Harald Paleske dari Jerman. Menurut deskripsi yang ia tulis di laman SpaceWeather.com, awalnya ia hanya sedang ingin melihat bayangan gelap salah satu satelit alami Jupiter, Io, yang sedang melintas di depan permukaan Jupiter dalam pandangan dari Bumi.

Namun, yang Paleske dapati justru jauh lebih unik, ada cahaya terang di atmosfer teratas Jupiter:
Ketika hasil jepretannya yang menampilkan cahaya terang itu dilihat untuk pertama kali, awalnya Paleske belum yakin kenapa ada cahaya terang itu.

Ia pun lantas mencari data terkait apakah ada satelit buatan atau pesawat yang lewat di depan Jupiter dalam pandangan dari Bumi sehingga muncul sebagai titik terang itu. Akan tetapi, ia tidak menemukan bukti baik satelit buatan atau ada pesawat lewat.

Di belahan dunia lainnya, astronom José Luis Pereira dari Brasil juga menangkap kilatan cahaya serupa:
Objek apa yang menabrak Jupiter itu? Sebenarnya, hal ini butuh penelitian lebih lanjut, sehingga terlalu dini untuk mengetahuinya. Meski begitu, menurut SpaceWeather.com, asteroid merupakan penyebab yang paling mungkin. Diperkirakan, Jupiter baru saja ditabrak sebuah asteroid dalam kisaran ukuran 100 meter.

Dengan gravitasinya yang sangat kuat, Jupiter memang bisa menarik objek kecil apapun yang didekatnya, bahkan membuat objek tersebut untuk menabraknya. Fenomena Jupiter ditabrak oleh objek kecil pun bukan yang pertama kali terjadi.

Pada Juli 1994, sebuah komet yang dinamai Shoemaker-Levy 9 menabrak planet Jupiter. Observatorium di seluruh dunia kala itu berhasil mengamati bekas tabrakan yang dihasilkan. Shoemaker-Levy 9 meninggalkan sejumlah jejak gelap di atmosfer teratas planet raksasa gas itu.
Kendati ditabrak oleh asteroid atau komet yang berukuran besar, Jupiter masih baik-baik saja. Ia terlalu besar untuk hancur karena ditabrak komet atau asteroid. Terlebih lagi, Jupiter bukan merupakan planet bebatuan, asteroid atau komet yang menabraknya lah yang justru akan hancur ketika masuk ke Jupiter akibat tekanan yang tinggi di sana.