Awas Hoax Badai Matahari Memicu Kiamat Internet

Info Astronomy - Sudahkah kamu mendengar atau membaca informasi yang bilang akan ada badai Matahari dalam waktu dekat dan akan memicu terjadinya kiamat internet? Kalau sudah, selamat, kamu baru saja menerima informasi hoax.

Sebelum lanjut, ada baiknya kita cari tahu dulu apa itu badai Matahari. Menurut EarthSky, badai Matahari, atau yang disebut juga sebagai pelepasan massa koronal, merupakan aktivitas normal pada Matahari ketika bintang terdekat dari planet kita itu melepaskan sejumlah besar plasma dan partikel bermuatan ke seantero tata surya.

Karena Bumi merupakan salah satu planet yang mengitari Matahari, dampak badai Matahari pun bisa mengenai planet kita juga. Meski begitu, badai Matahari tidak berbahaya bagi manusia dan seluruh kehidupan yang berada di permukaan Bumi karena kita dilindungi lapisan atmosfer yang cukup tebal.

Dampak badai Matahari lebih dirasakan pada teknologi yang kita miliki. Dilansir MSN, misalnya pada tahun 1859, badai Matahari pertama yang tercatat dalam sejarah kala itu mengakibatkan jaringan telegraf sangat terganggu. Pernah juga pada tahun 1989, jaringan listrik di Quebec, Kanada mati total selama beberapa hari karena badai Matahari skala kecil.

Lalu, apa hubungannya dengan kiamat internet? Dan kenapa disebut hoax?

Jadi begini. Badai Matahari merupakan fenomena yang tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi. Jika kita tidak mempersiapkan diri, badai Matahari yang terjadi di era modern seperti sekarang ini dikhawatirkan tidak hanya bisa mematikan listrik, tetapi juga jaringan internet global.

Maka dari itu, sekelompok peneliti melakukan sebuah acara virtual bernama Special Interest Group on Data Communication (SIGCOMM). Dalam acara tersebut, dirancang sebuah makalah penelitian yang isinya berupa panduan mitigasi untuk berjaga-jaga jika ada badai Matahari besar, operator internet di seluruh dunia sudah siap sehingga mengurangi dampak dan bahkan bisa mencegah kiamat internet.

Dengan kata lain, penelitian ini BUKAN dalam rangka memberi tahu kita kalau akan terjadi suatu fenomena badai Matahari dalam waktu dekat sehingga internet akan lenyap. Di sinilah misinformasi yang pada akhirnya menjadi hoax.

Jadi, intinya adalah, kiamat internet tidak akan terjadi dalam waktu dekat karena badai Matahari.