10 September 2021: Yuk Lihat Konjungsi Bulan dengan Venus!

Info Astronomy - Senja ini, kalau daerah kamu cerah, kamu berkesempatan untuk melihat Bulan sabit yang sedang berdampingan dengan planet Venus dalam fenomena konjungsi.

Cukup amati langit barat mulai jam 18.30 senja waktu setempat daerahmu, Venus akan muncul bagai bintang yang paliiiiing terang di langit sekitar 3 derajat di sisi barat daya Bulan sabit. Venus sendiri memang merupakan objek paling terang ketiga di langit Bumi setelah Matahari dan Bulan.

Menurut In-the-sky.org, pada momen konjungsi senja ini, Venus akan bersinar dengan magnitudo -4,1, sedangkan Bulan akan lebih terang dengan magnitudo -10. Semakin kecil angka magnitudo, semakin cerah cahaya suatu objek langit dalam pandangan dari Bumi.

Venus tidak menghasilkan cahaya sendiri. Sama seperti bagaimana Bulan bisa bercahaya, Venus memantulkan cahaya Matahari yang ia terima. Dengan kata lain, ketika kamu melihat cahaya Venus senja ini, kamu sedang melihat sisi siang hari planet tetangga Bumi kita itu.

Sayangnya, karena Venus merupakan planet kedua terdekat dari Matahari, kita tidak bisa melihatnya sepanjang malam. Akibat rotasi Bumi, posisi Bulan sabit dan Venus senja ini akan bergerak semu ke barat, untuk akhirnya terbenam sekitar 2 jam 38 menit setelah Matahari terbenam, atau tepatnya pada pukul 20.30 malam waktu setempat daerahmu.

Fenomena ini bisa diamati di seluruh Indonesia.

Semoga cuaca cerah!