Saran pencarian

Saturnus Mencapai Jarak Terdekat dari Bumi, 2 Agustus 2021

Suatu fenomena yang terjadi setiap tahun, ketika planet Saturnus berada pada jarak terdekat pada orbitnya dari Bumi, akan terjadi lagi hari ini.
Info Astronomy - Suatu fenomena yang terjadi setiap tahun, ketika planet Saturnus berada pada jarak terdekat pada orbitnya dari Bumi, akan terjadi lagi hari ini, 2 Agustus 2021. Inilah waktu terbaik untuk melihat sang planet bercincin!

Menurut EarthSky.org, fenomena ini dikenal sebagai oposisi. Ya, seperti istilah dalam dunia politik, oposisi artinya berseberangan. Dengan kata lain, Saturnus akan mencapai titik yang berseberangan dari Matahari di langit Bumi, sehingga konfigurasinya Matahari-Bumi-Saturnus sedang berada di garis lurus.

Karena pergerakan Bumi dalam mengitari Matahari lebih cepat daripada Saturnus, fenomena oposisi Saturnus terjadi sekali setiap tahun. Pada saat oposisi, sebuah planet pada umumnya akan berada pada jarak paling dekat dengan Bumi dan paling terang untuk tahun itu.

Meski demikian, "dekat" di sini masih dalam skala kosmis ya. Jarak antara planet kita dari Saturnus masih sekitar 8,9 AU pada saat oposisi hari ini, atau sekitar 1,3 miliar kilometer. Pada jarak sejauh itu, jelas tetap tidak akan berdampak apapun pada Bumi kita.

Kenampakan Saturnus di langit Bumi pun, kalau kamu hanya melihatnya dengan mata telanjang, masih seperti bintang kuning terang. Hanya saja, cahayanya akan lebih cerah (magnitudo 0,2) karena sedang dekat-dekatnya dari Bumi.
Karena berada di titik oposisi, Saturnus akan terbit ketika Matahari terbenam dan akan terbenam keesokan harinya saat Matahari terbit. Artinya, ia terlihat sepanjang malam. Nah, pengamatan bisa dimulai pada jam 18.30 sore waktu setempat daerahmu, ketika Saturnus berada pada ketinggian lebih dari 10° dari cakrawala timur.

Kamu masih perlu teleskop dengan pembesaran minimum 75x untuk bisa melihat Saturnus lengkap dengan cincinnya, atau 225x untuk bisa melihat Saturnus dan cincinnya jauh lebih jelas lengkap dengan beberapa satelit alami terbesarnya.

Setelah mencapai oposisi hari ini, Saturnus masih akan terlihat sejak awal malam hingga akhir Agustus, sepanjang September, Oktober, November, dan Desember 2021. Dengan begitu, membeli teleskop untuk bisa melihat Saturnus adalah pilihan terbaik karena kamu bisa melihat sang planet bercincin hingga berbulan-bulan ke depan.

Berikut ini adalah beberapa teleskop rekomendasi yang dijual di InfoAstronomyStore.com untuk pengamatan planet Saturnus biar lebih jelas:

Selamat mengamati planet Saturnus. Semoga cuaca cerah!
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.