8 Keunggulan Teleskop Antariksa James Webb

Info Astronomy - Dikembangkan sejak tahun 1996, baru-baru ini Teleskop Antariksa James Webb selesai dilakukan pengecekan untuk dikirim ke lokasi peluncurannya di Guyana Prancis. Paling cepat, ia akan meluncur pada 31 Oktober 2021. Nah, sebelumnya, sudah tahu belum apa saja keunggulan dari James Webb?

Dalam artikel ini, kami akan membeberkan 8 keunggulan James Webb dibandingkan teknologi teleskop antariksa sebelumnya yang pernah dibuat oleh manusia, termasuk Teleskop Antariksa Hubble.

1. James Webb Sebesar Lapangan Tenis

Dengan perisai Matahari yang memiliki panjang 22 meter, James Webb besarnya seukuran lapangan tenis. Dengan kata lain, James Webb memiliki ukuran lebih dari dua kali ukuran Hubble. Hal itu akan menjadikannya sebagai teleskop luar angkasa terbesar yang pernah diluncurkan.

2. Dilapisi Emas

Cermin utama James Webb dilapisi emas untuk mengoptimalkan kepekaan teleskop terhadap cahaya inframerah. Ketebalan lapisan emas ini adalah 0,00001 sentimeter di seluruh permukaan cermin seluas 25 meter persegi. Total berat emasnya adalah 48,25 gram, kira-kira setara dengan berat bola golf.

3. Diletakkan Jauh dari Bumi

Jika diluncurkan pada 31 Oktober 2021, James Webb baru akan tiba di posisi orbitnya sekitar satu bulan setelahnya. Itu karena James Webb akan diletakan sejauh 1,5 juta kilometer dari Bumi, pada area orbit yang dikenal sebagai titik Lagrange 2, atau L2. Di sana, pengamatan tidak akan terhalang oleh Bumi dan Bulan, tetapi akan sulit dibetulkan jika mengalami kerusakan.

4. Memiliki Ketajaman Tinggi

Resolusi sudut James Webb, yang merupakan ketajaman pengamatannya, akan sangat presisi. James Webb dapat melihat pada resolusi 0,1 detik busur, yang berarti bahwa ia dapat melihat uang koin Rp500 dari jarak 40 kilometer jauhnya, atau sebuah bola sepak dari jarak 550 kilometer jauhnya.

5. Bisa Menemukan Planet Berair

Salah satu kemampuan James Webb yang paling menonjol adalah dapat mendeteksi keberadaan sebuah planet aisng dengan mengukur radiasi inframerah, dan bahkan dapat mengukur atmosfer planetnya dengan mempelajari cahaya bintang yang melewati atmosfernya. Dengan melakukan ini, James Webb akan dapat menentukan apakah sebuah planet asing memiliki air cair di permukaannya atau tidak.

6. Tujuh Kali Lebih Hebat dari Hubble

Cermin raksasa James Webb terdiri atas 18 segmen heksagonal yang dibuat dari berilium ringan. Cermin tersebut hampir tiga kali ukuran cermin Hubble, sehingga akan memiliki area pengumpulan cahaya tujuh kali lebih besar. Walau begitu, cermin James Webb dan cermin Hubble memiliki berat yang hampir sama karena cermin James Webb dibuat dengan bahan yang lebih ringan.

7. Bisa Melihat Cahaya Pertama di Semesta

Salah satu tujuan misi utama James Webb adalah untuk mengamati bintang dan galaksi pertama yang terbentuk beberapa ratus juta tahun setelah Big Bang, era alam semesta yang belum sepenuhnya dipahami. Teleskop James Webb akan peka terhadap cahaya inframerah, yang memungkinkannya melakukan hal ini.

8. Bisa Bekerja Selama 1 Dekade

Jangka hidup misi resmi untuk James Webb adalah antara lima hingga sepuluh tahun. Karena berada di L2, James Webb memiliki jumlah bahan bakar yang terbatas, yang mana bahan bakarnya itu akan digunakan untuk mempertahankan posisinya.

Itulah 8 keunggulan teleskop antariksa James Webb. Semoga peluncurannya tidak ditunda lagi kali ini ya!