-->
Merasa artikel-artikel di InfoAstronomy.org menarik dan bermanfaat untukmu? Dukung kami dengan klik di sini.

2.034 Planet Asing Mungkin Telah Mengamati Bumi Kita

Info Astronomy - Pernahkah kamu membayangkan apa jadinya jika ada kehidupan asing cerdas lain yang menemukan dan mengamati Bumi kita?

Menurut penelitian terbaru menggunakan satelit Gaia milik Agensi Antariksa Eropa, para astronom mengidentifikasi setidaknya ada 2.034 planet dalam sistem bintang lain pada rentang jarak 326 tahun cahaya dari Bumi yang, jika ada kehidupan cerdas di planet-planet tersebut, mungkin telah menemukan keberadaan Bumi kita.

"Mereka" dapat menemukan Bumi kita dengan metode transit, yakni melihat planet kita melintas di depan Matahari dalam pandangan dari planetnya. Dalam metode itu, Bumi memang tidak akan tampak jelas, tetapi atmosfer Bumi dapat dipelajari.

Metode transit ini juga lah yang digunakan para astronom di Bumi untuk menemukan dan mempelajari planet-planet asing. Ketika sebuah planet lewat atau transit di depan bintang induknya dalam pandangan dari Bumi, cahaya bintang tersebut akan sedikit meredup.

Dari peredupan cahaya bintang itu, para astronom di Bumi dapat mengetahui ukuran planet asingnya secara kasar dengan melihat kedalaman kurva peredupan cahaya bintangnya. Kandungan atmosfer planet asingnya pun bisa dipelajari dari cahaya bintang induknya yang menerobos atmosfer planet tersebut.

Nah, menurut pengamatan para astronom, ada kurang lebih 2.034 planet asing yang bisa melihat Bumi transit di depan Matahari sebagaimana kita melihat planet asing transit di depan bintang induknya itu. Para astronom menyebut titik pandang di mana transit Bumi dapat dilihat dari luar angkasa ini sebagai "Zona Transit Bumi".

Penelitian ini tidak hanya menunjukkan ada 2.034 planet asing dalam rentang jarak 326 tahun cahaya di Zona Transit Bumi saja, tetapi juga menunjukkan bahwa 1.715 dari planet asing tersebut kemungkinan telah melihat Bumi transit di depan Matahari kita sejak peradaban manusia awal muncul di Bumi, sekitar 5.000 tahun yang lalu.

Bahkan, sedikitnya ada 7 dari 2.034 planet asing yang sudah kita pelajari dengan baik. Salah satunya adalah planet asing Ross 128 b, berjarak sekitar 11 tahun cahaya dari Bumi, yang jika ada kehidupan di sana mereka kemungkinan telah menyaksikan Bumi transit di depan Matahari sejak lama.

Ross 128 b mengitari bintang induk bernama Ross 128, merupakan bintang terdekat kedua setelah Proxima Centauri yang diorbiti planet ekstrasurya seukuran Bumi. Planet Ross 128 b berukuran sekitar 1,8 kali ukuran Bumi. Setiap astronom asing di Ross 128 b bisa saja melihat Bumi transit di depan Matahari selama rentang waktu 2.158 tahun sekali, dimulai sekitar 3.057 tahun yang lalu.

Mungkinkah "mereka" telah menemukan kita? Tidak ada yang tahu pasti. Ditambah lagi, pencarian kita untuk peradaban asing luar Bumi sejauh ini belum menunjukkan tanda-tanda. Namun, dari penelitian ini, kita setidaknya memiliki gambaran seberapa banyak planet asing di luar sana yang mungkin saja telah menemukan planet kita.

Penelitian ini telah diterbitkan pada 23 Juni 2021 di jurnal Nature.