13 Juli 2021: Super Konjungsi Planet Venus dengan Mars

Sempatkan melihat langit barat mulai 30 menit setelah Matahari terbenam hari ini karena ada planet Venus dan Mars yang sedang berdekatan!
Info Astronomy - Sempatkan melihat langit barat mulai 30 menit setelah Matahari terbenam hari ini, 13 Juli 2021. Kalau cuaca cerah, kamu berkesempatan untuk melihat planet Venus dan Mars yang sedang berdekatan!

Kedua planet tata surya ini akan muncul terpisah hanya sejauh 0°29', sangat dekat sehingga akan hampir terlihat seperti satu bintang tunggal. Jika kamu punya teleskop, kamu bisa melihat kedua planet ini berada dalam satu bidang pandang yang sama lho.

Eits, dekatnya kedua planet ini hanya dalam pandangan dari Bumi saja ya, pada kenyataannya di bidang tata surya kedua planet ini masih berada sangat jauh satu sama lain. Mereka hanya kebetulan berada di arah yang sama dalam pandangan dari Bumi, atau yang disebut konjungsi. Nah, karena sangat dekat, kita dapat menyebutnya sebagai super konjungsi.

Kalau kamu mengamatinya dengan mata telanjang, Venus akan muncul lebih terang dibandingkan Mars. Venus akan muncul bagai bintang kuning paliiiiing terang, sedangkan Mars sebagai bintang kemerahan yang lebih redup.

Pasangan planet ini bisa diamati mulai jam 18.30 waktu setempat daerahmu, ketika keduanya berada pada ketinggian 20° di atas ufuk barat. Venus-Mars bisa terus diamati hingga mereka terbenam sekitar 2 jam setelah Matahari terbenam, tepatnya pada sekitar jam 19.50 malam waktu setempat daerahmu.

Gunakan teleskop kalau mau melihat kedua planet ini lebih jelas ya. Semoga cerah!