Sebuah Nova di Cassiopeia Kini Terlihat Kasatmata

Info Astronomy - Pertama kali terlihat pada bulan Maret 2021 kemarin, sebuah fenomena nova yang dinamai V1405 Cas tiba-tiba tampak muncul cerah selama sepekan terakhir, memungkinkan kita untuk melihatnya tanpa teleskop.

Nova sendiri berbeda dari supernova atau bintang yang meledak. Fenomena nova terjadi akibat interaksi dari dua bintang dalam sistem bintang ganda, yang biasanya terdiri atas sebuah katai putih dan bintang pendampingnya yang mirip dengan Matahari kita, dalam orbit yang sangat dekat satu sama lain.

Saking dekatnya, material dari bintang pendamping mirip Matahari, yang mana kebanyakan merupakan hidrogen, tertarik oleh gravitasi katai putih yang lebih masif. Hal itu kemudian menyebabkan sebuah cakram akresi terbentuk mengitari katai putih, yang lambat laun mengendapkan lapisan hidrogen ke permukaan katai putih.

Pada akhirnya, endapan hidrogen itu menyebabkan suhu dan tekanan katai putih meningkat, terpicu lah reaksi termonuklir yang tak terkendali. Energi yang dilepaskan melalui proses ini mengeluarkan sebagian besar hidrogen yang telah ditarik katai putih, bergerak dengan kecepatan hingga 1.500 km per detik, menghasilkan semburan cahaya yang cerah tetapi hanya sebentar, yang disebut nova.

Adalah astrofotografer asal Jepang, Yuji Nakamura, yang melihat sebuah nova di arah rasi bintang Cassiopeia pada 18 Maret 2021. Saat itu, nova yang dinamai V1405 Cas ini bersinar dengan mangnitudo +9,6, terlalu redup untuk dilihat kasatmata.

Namun, beberapa hari kemudian, nova naik kecerahannya menjadi +7,6 (semakin kecil angka magnitudo, semakin cerah benda langit), membuatnya cukup terang untuk terlihat dengan teleskop. Dan pada pertengahan Mei ini, nova V1405 Cas semakin cerah lagi, yakni magnitudo +5,5. Siapapun yang memiliki penglihatan tajam pada langit gelap dapat mengamatinya tanpa teleskop sama sekali!

Lalu, di mana letak nova V1405 Cas? Menurut EarthSky.org, ia berada di asensio rekta 23j 24m 48d, deklinasi +61° 11′ 15″, seperti ini kira-kira dalam peta langit:
Sepanjang Mei 2021, nova V1405 Cas akan muncul di langit arah timur laut pada sekitar jam 04.30 dini hari waktu setempat daerahmu. Posisinya akan cukup rendah dari cakrawala, sehingga selain langit yang cerah dan minim polusi cahaya, pandangan ke arah timur laut di daerahmu juga tidak boleh terhalang bangunan tinggi atau pegunungan.

Dalam pandangan kasatmata, nova ini hanya akan muncul bagai satu titik cahaya kecil samar yang kurang lebih mirip bintang. Itu terjadi karena lokasi sistem bintang ganda tempat nova ini terjadi, CzeV3217, berjarak sekitar 5.500 tahun cahaya jauhnya dari Bumi.

Pemandangan lewat teleskop disarankan, meskipun nova masih hanya akan muncul bagai titik cahaya, setidaknya jauh lebih terang jika dibandingkan pengamatan dengan kasatmata saja. Selain itu, lewat teleskop juga membuat kita bisa melihat gugus bintang M52 dan nebula NGC 7635 yang terletak di dekat nova V1405 Cas dalam pandangan dari Bumi.
Mulailah dengan menemukan Caph, bintang yang bersinar dengan magnitudo +2 yang terletak di ujung barat rasi bintang Cassiopeia. Tarik garis lurus ke barat daya dari Caph, dan kamu bisa menemukan nova V1405 Cas dekat gugus bintang M52 yang terang.

Oh iya, karena jaraknya yang sangat jauh dari Bumi, nova ini tidak membahayakan planet kita. Mengamatinya pun menjadi hal yang aman untuk dilakukan. Semoga cuaca cerah!