Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Inilah Keistimewaan Gerhana Bulan Total 26 Mei 2021

Besok, 26 Mei 2021, sebuah fenomena gerhana Bulan total akan terjadi dan bisa diamati di seluruh Indonesia.
Info Astronomy - Besok, 26 Mei 2021, sebuah fenomena gerhana Bulan total akan terjadi dan bisa diamati di seluruh Indonesia. Nah, sebelum kita mengamatinya, sudah tahukah kamu apa saja keistimewaan gerhana Bulan total besok?

Gerhana Bulan total bukan fenomena yang bisa dibilang langka. Itu karena hanya butuh waktu sekitar 2,5 tahun sekali untuk gerhana Bulan total muncul atau terjadi di suatu area geografis yang sama. Di Indonesia, gerhana Bulan total pernah terjadi pada Januari 2018, dan kini akan terjadi lagi pada Mei 2021.

Meskipun sama-sama gerhana Bulan total, tiap gerhana memiliki perbedaan dan keistimewaan tersendiri, lho. Apa saja kira-kira keistimewaan gerhana Bulan total 2021?

Terjadi Selama 5 Jam

Fenomena gerhana Bulan total dihitung ketika Bulan pertama kali masuk ke bayangan penumbra Bumi, atau bayangan terang Bumi, dan berakhir ketika Bulan meninggalkan bayangan penumbra juga. Nah, Bulan butuh waktu sekitar 5 jam untuk bergerak melintasi bayangan penumbra, umbra, fase totalitas, sampai keluar dari umbra pada fenomena gerhana Bulan total 26 Mei 2021 ini, lho!

Seperti ini ilustrasinya:
Bulan masuk bayangan penumbra sejak jam 15.47 WIB, 16.47 WITA, 17.47 WIT. Sayangnya, Bulan belum terbit di seluruh wilayah Indonesia pada momen awal gerhana ini.

Kemudian, Bulan akan mulai masuk bayangan umbra, atau bayangan gelap Bumi, pada jam 16.44 WIB, 17.44 WITA, 18.44 WIT. Pada momen ini, Bulan akan mulai tampak tergigit, yang sayangnya baru bisa diamati di Indonesia bagian timur karena Bulan sudah terbit, sementara Bulan belum juga terbit untuk Indonesia barat dan Indonesia tengah.

Awal puncak gerhana pun akan terjadi pada jam 18.11 WIB, 19.11 WITA, 20.11 WIT. Di sini, Bulan sudah terlihat di seluruh Indonesia, dengan ketinggian Bulan terendah dari cakrawala timur ada di Indonesia bagian barat. Puncaknya akan terjadi jam 18.18 WIB, 19.18 WITA, 20.18 WIT, kemudian fase puncak totalitas berakhir jam 18.25 WIB, 19.25 WITA, 20.25 WIT. Fase totalitas berlangsung selama 14 menit.

Gerhana kemudian berlanjut seiring Bulan keluar dari bayangan umbra pada jam 19.52 WIB, 20.52 WITA, 21.52 WIT, dan gerhana akan benar-benar berakhir saat Bulan keluar dari bayangan penumbra pada jam 20.49 WIB, 21.49 WITA, 22.49 WIT. Total, gerhana terjadi selama 5 jam.

Bertepatan dengan Perigee

Perigee adalah istilah untuk menyebut jarak terdekat yang dicapai Bulan dalam orbitnya mengelilingi Bumi. Fenomena ini bisa terjadi karena Bulan memiliki jalur yang tidak melingar sempurna dalam mengitari planet kita, melainkan sedikit lonjong. Maka ada saatnya ia berada di perigee (jarak terdekat) dan di apogee (jarak terjauh).

Perigee dan apogee sangat memengaruhi kenampakan diameter sudut Bulan, atau diameter kenampakannya di langit malam. Nah, pada 26 Mei 2021, Bulan akan berada pada perigee terdekatnya untuk tahun 2021 ini, yaitu pada jarak 357.462 kilometer. Bulan akan 14% lebih besar dan 30% lebih terang dibandingkan Bulan purnama lain sepanjang tahun ini!

Dengan kata lain, gerhana Bulan total besok akan bertepatan dengan perigee Bulan, nih. Itu artinya, gerhana Bulan akan tampak lebih besar dibandingkan wujud Bulan purnama biasanya. Istilah populer menyebutnya sebagai "Super Blood Moon".
Super Blood Moon dijadikan julukan gerhana Bulan total perigee karena selain akan tampak "super" besar, Bulan juga akan semerah darah (blood) saat puncak gerhana terjadi karena sinar Matahari yang tertutupi Bumi masih akan menerobos atmosfer planet kita lalu diteruskan ke Bulan yang berada di bayangan umbra.

Gerhana Terjadi di Seluruh Area Malam

Berbeda dengan gerhana Matahari total di mana ada jalur gerhana tertentu, di mana hanya wilayah yang dilalui jalur gerhana tersebut yang berkesempatan melihat gerhana total, pada fenomena gerhana Bulan total tidak ada jalur gerhananya, melainkan seluruh area Bumi yang sedang malam hari dan dapat melihat Bulan di langit pada jam gerhana berlangsung akan menyaksikan gerhana total yang sama.

Ini terjadi karena ketika gerhana Matahari total, Matahari ditutupi oleh Bulan yang diameternya kecil. Sedangkan pada gerhana Bulan, Bumi lah yang menutupi Matahari dari Bulan sehingga bayangannya lebih besar.

Pada puncak gerhana Bulan total 26 Mei 2021 terjadi, inilah wilayah malam yang bisa melihatnya:
Berdasarkan peta gerhana di atas, gerhana Bulan total 26 Mei 2021 akan terlihat dari area paling barat Amerika Utara, selatan dan barat Amerika Selatan, Samudra Pasifik, area timur China, Semenanjung Korea, Jepang, Selandia Baru, Australia, dan Asia Tenggara.

Perbedaan terjadi pada waktu gerhananya. Bagi penduduk di Benua Amerika yang kebagian, gerhana Bulan totalnya akan terjadi pada dini hari sebelum Matahari terbit. Sementara bagi penduduk di belahan Bumi timur (termasuk Indonesia), gerhana akan terjadi pada malam hari setelah Matahari terbenam.

Itulah keistimewaan gerhana Bulan total 26 Mei 2021. Semoga cuaca di daerah kamu cerah sehingga bisa melihat gerhana Bulan totalnya ya!
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.