3 Teleskop Terjangkau Terbaik untuk Anak

Teleskop apa yang cocok untuk anak-anak? Kami merekomendasikan 3 teleskop terjangkau terbaik ini yang layak dimiliki.
Info Astronomy - Setiap orang memiliki kisah tersendiri tentang bagaimana ia bisa menyukai astronomi. Bagi saya, kecintaan saya dengan astronomi sudah tumbuh sejak bangku sekolah menengah. Sayangnya, pada saat itu, saya belum punya teleskop untuk melihat objek-objek langit.

Saya pun bergabung dengan klub astronomi amatir di sekolah agar bisa sering-sering melihat objek-objek langit lewat teleskop yang mereka sediakan. Baru setelah memasuki usia kuliah, saya akhirnya memiliki teleskop sendiri.

Yang saya alami ini mungkin juga dialami oleh banyak orang. Beruntunglah orang-orang yang sedari kecil sudah memiliki fasilitas teleskop sendiri untuk mengamati langit malam. Walau begitu, saya tidak dapat mengatakan bahwa dengan membelikan anak sebuah teleskop akan membuat mereka menjadi astronom. Meski begitu, adanya teleskop jelas akan lebih membantu memicu keingintahuan dirinya yang mungkin berkembang menjadi astronom untuk masa depannya.

Nah, apakah kamu memiliki anak yang gemar mengamati langit malam, atau minimal menyukai astronomi? Berikut ini, kami merekomendasikan 3 teleskop terjangkau terbaik yang bisa dibeli untuk menunjang hobi anak-anak dalam astronomi.

Teleskop untuk Astronom Muda

Sebenarnya, ada banyak teleskop yang bisa menjadi pilihan. Namun, 3 rekomendasi teleskop pada artikel ini adalah yang terbaik di kelasnya.

Teleskop Vixen Nature Eye 50
Butuh teleskop yang praktis untuk melihat objek-objek langit? Teleskop ini mungkin yang kamu butuhkan. Teleskop refraktor sederhana ini mudah dipasang dan digunakan, bahkan oleh anak-anak atau orang yang belum pernah menggunakan teleskop sama sekali.

Dengan aperture selebar 50mm, teleskop refraktor ini bekerja dengan baik dalam mengumpulkan cahaya dari objek-objek langit malam. Sangat bagus untuk melihat Bulan, Saturnus, Jupiter, Venus, dan banyak lagi.
  • Aperture: 50mm
  • Focal length: 360mm
  • Desain optik: Refraktor
  • Pembesaran: 36x, 72x dengan 2x lensa Barlow
  • Panjang tripod: 43cm
  • Berat total: 1,26kg
  • Dudukan: Alt-azimuth manual

Harga: Rp1.289.000
Dapatkan teleskopnya di InfoAstronomyStore.com, klik di sini.

Teleskop Celestron PowerSeeker 70AZ
Celestron PowerSeeker 70AZ memiliki aperture selebar 70mm, lebih dari cukup untuk mengamati Bulan, hingga mampu memberikan detail seperti kenampakan empat satelit alami terbesar Jupiter dan cincin Saturnus. Pemasangan dan penggunaan teleskop ini juga cukup mudah bagi pemula dan anak-anak.

Secara keseluruhan, PowerSeeker 70AZ memiliki kinerja yang luar biasa untuk pengamatan Bulan, planet besar di tata surya, dan objek langit jauh seperti gugus bintang atau nebula.
  • Aperture: 70mm
  • Focal length: 700mm
  • Desain optik: Refraktor
  • Pembesaran: 35x, 175x
  • Lensa barlow: 3x
  • Dudukan: Alt-azimuth

Harga: Rp3.390.000
Dapatkan teleskopnya di InfoAstronomyStore.com, klik di sini.

Teleskop Celestron PowerSeeker 127EQ
Teleskop yang satu ini agak berbeda dibandingkan dua teleskop di atas, ia adalah jenis teleskop reflektor. Refraktor adalah teleskop yang menggunakan lensa untuk pengamatan, sementara reflektor memanfaatkan cermin, sehingga hasil pengamatannya akan lebih jernih dan tajam.

Teleskop ini sangat ideal untuk melihat objek langit jauh, katakanlah seperti nebula, galaksi tetangga, gugusan bintang, hingga komet-komet yang redup, karena aperture-nya selebar 127mm, atau sekitar lima inci.

Pemasangannya mungkin sedikit sulit saat baru pertama kali merakitnya, tetapi akan terbiasa setelahnya seiring kamu sering menggunakannya.
  • Aperture: 127mm
  • Focal length: 1.000mm
  • Desain optik: Reflektor
  • Pembesaran: 50x, 250x
  • Lensa barlow: 3x
  • Dudukan: Equatorial

Harga: Rp5.599.000
Dapatkan teleskopnya di InfoAstronomyStore.com, klik di sini.

Nah, itulah 3 teleskop terjangkau terbaik untuk anak. Sudah siap menyaksikan anak tumbuh sebagai astronom yang kelak akan membanggakan bangsa?