Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Sabtu Ini, Asteroid Apophis Akan Lintas Dekat Bumi

Sepanjang pekan ini, para astronom di seluruh dunia sedang mengalihkan pandangannya ke Apophis karena sang asteroid akan terbang lintas dekat Bumi.
Info Astronomy - Kamu mungkin sudah pernah mendengar nama asteroid yang satu ini, Apophis. Sepanjang pekan ini, para astronom di seluruh dunia sedang mengalihkan pandangannya ke Apophis karena sang asteroid akan terbang lintas dekat Bumi pada hari Sabtu ini. Adakah dampak negatifnya bagi Bumi?

Apophis adalah asteroid dekat Bumi. Ia mengitari Matahari dalam jarak orbit rata-rata 1,3 kali jarak antara Matahari-Bumi. Nama lengkapnya adalah 99942 Apophis, dengan "Apophis" berasal dari mitologi Mesir, seekor ular yang merupakan musuh Ra, dewa Matahari. Dalam kisah mitologinya, Apophis berusaha menghadirkan kegelapan abadi di dunia sebelum dikalahkan oleh Ra saat ia terbit.

Ditemukan pada 19 Juni 2004 oleh Roy Tucker, David Tholen, dan Fabrizio Bernardi di Kitt Peak National Observatory, Arizona, AS, pengamatan menunjukkan bahwa ada peluang 2,7% bagi Apophis untuk menghantam Bumi pada tahun 2029. Namun, jaraknya pada tahun 2029 sebenarnya masih sangat aman.

Sebelum tahun 2029, asteroid Apophis akan terbang lintas dekat planet kita pada 6 Maret 2021 mendatang, tepatnya pada pukul 08.15 WIB, menurut EarthSky.org. Pada jarak terdekat tahun 2021 ini, asteroid berdiameter 340 meter ini akan mencapai jarak 16.852.369 kilometer dari paras Bumi, atau sekitar 44 kali jarak Bumi-Bulan. Jarak yang terlalu jauh untuk menyebabkan bencana.
Dengan kata lain, lintas dekat Apophis dengan Bumi pada tahun 2021 ini masih terlalu jauh baginya untuk bisa menabrak Bumi kita. Jarak tahun 2021 ini bahkan masih terlalu jauh jika dibandingkan perkiraan jarak Apophis dari Bumi untuk tahun 2029 mendatang.

Pada titik terdekatnya pada tahun 2029, Apophis akan berjarak hanya 37.725 kilometer dari planet kita, atau sekitar 10% dari jarak Bumi-Bulan. Itu sangat dekat, tetapi potensi tabrakan dengan Bumi masih hampir 0%. Yang menarik pada tahun 2029 adalah, Apophis akan terlihat dengan mata telanjang (magnitudo +3) selama beberapa jam di langit Bumi.

Setelah perlintasan tahun 2029, menurut Planetary.org, asteroid Apophis juga akan lintas dekat Bumi pada tahun 2036 (jaraknya sekitar 44 juta kilometer) dan sekali lagi pada tahun 2068. Kemungkinan tabrakan dengan Bumi pada tahun 2068 adalah 1 berbanding 380.000, atau sekitar 99,999974% Bumi tidak akan ditabrak, karena jaraknya mencapai 220 juta kilometer.

Nah, pengamatan Apophis tahun 2021 ini akan menjadi momen terbaik untuk meningkatkan pengetahuan kita tentang bentuk dan jalur orbit asteroid ini, agar ke depannya bisa benar-benar diketahui secara pasti potensi tabrakannya dengan Bumi.

Karena jika Apophis menabrak Bumi kita, ia dapat menyebabkan kerusakan yang amat sangat luas di Bumi hingga beberapa ratus kilometer dari lokasi tumbukannya. Energi yang dilepaskan akan setara dengan 1.000 megaton TNT, atau ratusan bom nuklir yang diledakan bersamaan.

WASPADA HOAKS: Para astronom dari institusi atau lembaga manapun di seluruh dunia tidak ada yang menyatakan bahwa asteroid ini akan menabrak Bumi.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.