Yuk Temukan Gugus Bintang Pleiades di Langit Malam!

Info Astronomy - Melihat Bulan, planet, atau bintang di langit malam mungkin sudah biasa. Pernahkah kamu melihat gugus bintang?

Gugus bintang merupakan sekumpulan bintang yang terbentuk bersama dalam satu nebula. Nah, gugus bintang terdekat dan paling terang yang bisa diamati di langit malam Bumi adalah Pleiades, atau yang dikatalogkan sebagai M45.

Berjarak sekitar 135 parsec (443,5 tahun cahaya), Pleiades merupakan gugus bintang terbuka yang berisi bintang-bintang bersuhu panas tipe B yang terletak di arah barat laut rasi bintang Taurus. Gugus ini didominasi oleh bintang biru dan bercahaya yang telah terbentuk dalam 100 juta tahun terakhir. Angin bintang energetik dari bintang-bintangnya tersebut lah yang membuat nebula ini tampak biru pula.

Di Indonesia, Pleiades dapat diamati pada Oktober hingga April setiap tahunnya. Dengan begitu, saat ini masih termasuk dalam waktu terbaik untuk menemukannya.

Cara termudah untuk menemukan Pleiades adalah memanfaatkan rasi bintang Orion. Kalau kamu sering melihat 3 bintang berjejer di langit malam, kemungkinan besar itulah bagian dari rasi bintang Orion yang dikenal sebagai Sabuk Orion, terdiri atas bintang-bintang bernama Alnitak, Alnilam, dan Mintaka.

Temukan Sabuk Orion yang mengarahkan kamu ke bintang paling terang di rasi bintang Taurus, Aldebaran, yang juga akan mengarahkan kamu ke letak Pleiades di langit. Kira-kira seperti ini:
Pleiades dikenal juga sebagai "Seven Sister", meskipun kebanyakan orang hanya dapat melihat enam bintang atau bahkan kurang dari itu saat melihat Pleiades dengan mata telanjang. Kamu memerlukan teleskop untuk bisa melihat lebih banyak bintang pada Pleiades.

Oh iya, dalam pandangan mata telanjang, Pleiades merupakan pola bintang yang jauh lebih kecil kalau dibandingkan dengan rasi bintang. Kalau kamu menjulurkan tangan ke depan dan menaikkan jempolmu, maka Pleiades hanya dua kali lebar jempol kamu itu.

Kalau kamu bingung mana rasi bintang Orion dan bahkan mana Pleiades, kamu bisa memanfaatkan aplikasi peta langit seperti Stellarium, SkyMaps, StarChart, dan lain-lain untuk membantumu menemukan letak benda-benda langit.

Terakhir, semoga cuaca mendukung!