Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Terdiri Atas Hidrogen, Bisakah Kita Membakar Planet Jupiter?

Jupiter sebagian besar terdiri atas hidrogen, bisakah kita membakarnya dan mengubah Jupiter menjadi bola api raksasa?
Info Astronomy - Jupiter adalah planet kelima dari Matahari dan terbesar di tata surya. Ia adalah jenis planet raksasa gas dengan massa seperseribu massa Matahari, atau dua setengah kali lipat dari massa gabungan semua seluruh planet lainnya di tata surya.

Jupiter pada dasarnya sebagian besar terdiri atas hidrogen, dengan seperempat massanya adalah helium. Planet ini kemungkinan juga memiliki inti yang terdiri atas batuan dengan elemen yang lebih berat.

Di Bumi, kita tahu bahwa gas hidrogen sangat mudah meledak. Dan karena Jupiter sebagian besar terdiri atas hidrogen, bisakah kita membakarnya dan mengubah Jupiter menjadi bola api raksasa?

Sebelum menjawabnya, ada satu teka-teki yang menarik:

Pertanyaan: Bayangkan ada seorang pria yang sedang berada di ruangan gelap, benar-benar gelap, di mana ruangan tersebut hanya berisi gas hidrogen saja. Pria ini pun mencoba menyalakan korek api biasa. Apa yang akan terjadi?

Jawaban: Tidak akan terjadi apapun. Korek api tidak akan menyala tanpa oksigen di dalam ruangan di mana pria tersebut berada.

Nah, pada kasus Jupiter, kejadiannya sangat mirip dengan teka-teki barusan. Jupiter bisa diibaratkan sebagai ruangan yang hanya berisi gas hidrogen, tetapi dalam wujud planet. Jika kamu menyalakan api di Jupiter, tidak akan ada hidrogen yang bereaksi. Hal itu terjadi karena tidak ada oksigen di Jupiter, jadi tidak ada yang bisa terbakar.

Seperti yang sudah kita pelajari di pelajaran kimia waktu SMP dulu, persamaan kimia untuk pembakaran gas hidrogen adalah 2H2 + O2 → 2H2O.

Kita bisa membakar hidrogen pada Jupiter jika kita punya cukup oksigen. Namun, Jupiter sangat besar sehingga kita membutuhkan amat sangat luar biasa banyak oksigen untuk membakar Jupiter menjadi bola api raksasa.

Belajar planet raksasa lebih jauh lagi di kelas online astronomi BelajarAstro yuk. Klik di sini untuk pendaftaran.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.