-->
Merasa artikel-artikel di InfoAstronomy.org menarik dan bermanfaat untukmu? Dukung kami dengan klik di sini.

Perseverance Rekam Suara dari Permukaan Mars

Info Astronomy - Robot penjelajah Perseverance milik NASA baru saja mendarat di planet Mars pada 19 Februari 2021 kemarin. Menariknya, mikrofon pada robot penjelajah ini juga sempat merekam suara dari Mars. Penasaran seperti apa?

Mikrofon yang terpasang pada Perseverance berhasil merekam suara dari Kawah Jezero, Mars, pada 20 Februari 2021. Dalam rekaman suara itu, kamu bisa mendengarkan suara angin sepoi-sepoi di Mars selama beberapa detik, begitu pula suara mesin Perseverance yang sudah mulai beroperasi di permukaan Mars.

Inilah rekaman suara di Mars beserta suara mesin Perseverance:
Dan inilah suara rekaman di Mars ketika suara mesin Perseverance dihilangkan:
Selain suara dari permukaan Mars, NASA juga merilis video asli berkualitas tinggi berdurasi 3,5 menit yang menunjukkan detik-detik pendaratan Perseverance, mulai dari pembukaan parasut selebar 21,5 meter hingga ketika sang robot penjelajah mendarat dengan lembut di permukaan Planet Merah.

"Ini adalah pertama kalinya kita bisa melihat peristiwa pendaratan di Mars," kata Michael Watkins, direktur Laboratorium Propulsi Jet NASA, yang mengelola misi Perseverance.

Tujuan utama misi Perseverance di Mars sendiri adalah astrobiologi, yakni pencarian tanda-tanda kehidupan mikroba pada masa lalu maupun yang ada pada masa kini di sana. Robot penjelajah beroda enam ini akan meneliti geologi planet dan iklim masa lalu Mars, yang nantinya akan membuka jalan bagi eksplorasi manusia di Planet Merah. Tak hanya itu, Perseverance akan menjadi misi pertama untuk mengumpulkan dan menyimpan batuan Mars.

Penasaran seperti apa video asli pendaratan Perseverance? Siapkan popcorn, selamat menonton.