-->
Merasa artikel-artikel di InfoAstronomy.org menarik dan bermanfaat untukmu? Dukung kami dengan klik di sini.

Mengenal Multisemesta dan Semesta Paralel

Info Astronomy - Pernahkah kamu mendengar istilah "multisemesta"? Multisemesta adalah teori yang menyatakan bahwa selain alam semesta kita, ada alam semesta lain yang serupa dengan semesta kita, tetapi memiliki realitas alternatif. Setiap alam semesta alternatif ini dikenal sebagai semesta paralel.

Ketika orang berpikir tentang multisemesta atau semesta paralel, pemikiran yang akan muncul di benak kebanyakan orang adalah teori Many-Worlds atau Banyak-Dunia, meskipun ada jenis yang lain juga dari penjelasan multisemesta.

Mari kita mulai dengan teori Banyak-Dunia. Bayangkan kamu adalah anak SMA yang baru saja lulus. Kamu dihadapkan dengan pilihan untuk langsung bekerja atau melanjutkan ke perguruan tinggi. Dengan segala pertimbangan, kamu memilih untuk langsung bekerja.

Setahun kemudian, anggaplah kamu menyesali keputusanmu tahun lalu yang tidak memilih melanjutkan ke perguruan tinggi. Kamu mulai bertanya-tanya apa yang akan terjadi pada kehidupan kamu kalau kamu mengambil keputusan yang berbeda setahun yang lalu itu.

Nah, ada teori bahwa pada alam semesta alternatif, diri kamu di sana mengambil keputusan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Teori ini disebut sebagai teori Banyak-Dunia yang menjelaskan multisemesta. Dalam multisemesta, ada banyak alam semesta paralel yang eksis, masing-masing berbeda satu sama lain.

Semesta paralel bukanlah perjalanan waktu di mana kamu dapat kembali ke masa lalu dan mengubah masa depanmu. Seperti yang tersirat dari namanya, alam semesta paralel adalah kumpulan alam semesta yang berjalan secara paralel pada waktu yang sama dengan alam semesta kita. Kamu tidak dapat berpindah atau diri kamu dari semesta lain berpindah dan memberi tahu kamu keputusan terbaik untuk masa depanmu.

Semesta paralel mungkin bisa memiliki tampilan dan nuansa yang sama seperti alam semesta kita, tetapi ada sesuatu yang berubah. Perubahannya mungkin sangat kecil sehingga tidak diperhatikan atau bahkan berbeda sama sekali. Seperti analogi anak SMA di atas.

Semesta paralel juga dikenal sebagai semesta alternatif, yang mana di semesta tersebut terjadi hal-hal alternatif dari realita yang terjadi saat ini di semesta kita. Di alam semesta alternatif, Bumi bisa sangat berbeda. Bumi di semesta alternatif bisa saja tidak sedang mengalami pandemi saat ini.

Adakah Bukti Multisemesta?
Dalam sains, klaim yang besar harus memiliki bukti yang besar pula. Inilah yang membedakan sains dengan omong kosong atau dongeng pengantar tidur yang kebanyakan tidak memiliki bukti untuk membuktikan pernyataannya. Nah, adakah bukti multisemesta itu?

Menurut Phys, salah satu bukti keberadaan multisemesta adalah aktivitas partikel dalam Mekanika Kuantum. Pada awal abad kedua puluh, para ilmuwan menemukan bahwa ketika mereka mencoba untuk menentukan dengan tepat lokasi partikel atom seperti elektron, mereka tidak bisa melakukannya. Mereka malah menemukan bahwa elektron bisa berada di banyak titik sekaligus.

Wired Science juga mengatakan, ada penelitian yang saat ini sedang dilakukan untuk mengetahui apakah ada bukti multisemesta dalam Radiasi Latar Belakang Gelombang Mikro Kosmis. Jika dua atau lebih alam semesta sempat mengalami tabrakan satu sama lain, maka akan ada bekas tabrakannya dalam radiasinya. Sayangnya, belum ada bukti yang ditemukan sejauh ini.

Dengan kata lain, belum ada bukti kuat untuk keberadaan multisemesta, sehingga sepenuhnya masih dalam batas teoritis karena tidak terbukti sekaligus belum bisa dibantah.

Itulah multisemesta dan semesta paralel.