-->
Merasa artikel-artikel di InfoAstronomy.org menarik dan bermanfaat untukmu? Dukung kami dengan klik di sini.

Dua Siswa Sekolah di AS Temukan Empat Planet Asing

Info Astronomy - Jumlah daftar planet ekstrasurya yang berhasil ditemukan manusia bertambah lagi. Baru-baru ini, empat planet ekstrasurya telah ditemukan pada bintang TOI-1233 oleh dua siswa sekolah menengah, menjadikan mereka sebagai salah satu orang-orang termuda yang pernah menemukan planet asing.

Adalah Kartik Pinglé yang berusia 16 tahun dan Jasmine Wright yang berusia 18 tahun yang menemukan empat planet ekstrasurya ini ketika mereka berpartisipasi dalam Program Mentoring Penelitian Pelajar di Pusat Astrofisika Harvard & Smithsonian.

Kala itu, mereka dibimbing oleh Dr. Tansu Daylan, seorang pascasarjana di MIT Kavli Institute for Astrophysics and Space Research. Ketiganya sekarang menjadi penulis di makalah ilmiah yang melaporkan penemuan ini, yang diterbitkan di The Astronomical Journal.

Dijelaskan dalam makalah penelitian mereka, TOI-1233 adalah salah satu bintang yang sedang dipelajari oleh Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS), teleskop antariksa pemburu planet milik NASA. TESS mempelajari ratusan ribu bintang dengan harapan bisa menangkap banyak kedipan cahaya bintang yang menunjukkan adanya sebuah planet sedang lewat di antara kita dan bintang tersebut.

"Kami melakukan pencarian planet asing ini lewat perubahan cahaya bintang induknya dari waktu ke waktu," Pinglé menjelaskan, dilansir IFLScience.com. "Metodenya adalah, jika planet transit di depan bintang dalam pandangan dari Bumi, planet tersebut akan (secara berkala) menutupi bintang dan menurunkan kecerahannya."
Saat mengamati TOI-1233, Kartik (sebelah kiri dalam foto di atas) dan Wright menemukan tidak hanya satu, tetapi empat planet sekaligus. Tiga dari planet ini diperkirakan merupakan planet gas yang sedikit lebih kecil dari Neptunus, diklasifikasikan sebagai sub-Neptunus. Sementara 1 lainnya adalah planet berbatu tetapi dengan radius yang lebih besar daripada Bumi, yang disebut super bumi.

"Saya sangat bersemangat dan sangat terkejut," kata Wright tentang penemuan itu, dilansir UniverseToday.com. "Kami tahu kami bisa saja menemukan planet dalam program ini, tetapi dengan berhasil menemukan sistem multi-planet seperti ini, dan menjadi bagian dari tim penemu, sangatlah keren."

Menemukan sistem multi-planet seperti ini sangatlah penting. Meskipun TOI-1233 sangat berbeda dari tata surya kita, sistem keplanetan seperti ini dapat memberikan wawasan penting tentang bagaimana tata surya terbentuk dan berevolusi.

"Planet-planet berasal dari cakram akresi yang sama di sekitar bintang yang sama, tetapi mereka dapat menjadi planet yang berbeda dengan atmosfer dan iklim berbeda karena orbitnya berbeda," kata Dylan, dilansir EarthSky.org. "Lewat penelitian ini, kami ingin memahami proses fundamental pembentukan dan evolusi planet lebih baik."

Planet ekstrasurya semakin banyak ditemukan, mungkinkah tidak ada kehidupan lain luar Bumi?
BERIKAN KOMENTAR ()