C/2021 A1 (Leonard): Komet Berpotensi Muncul Terang Tahun Ini

Info Astronomy - Kabar gembira! Baru-baru ini, seorang astronom berhasil menemukan sebuah komet yang berpotensi menjadi komet paling terang tahun 2021. Bagaimana dan kapan kita bisa mengamati komet tersebut? Artikel ini akan membahasnya dengan lengkap.

Adalah astronom Greg Leonard, sang penemu komet yang sekarang menyandang namanya, C/2021 A1 (Leonard), pada 3 Januari 2021 di Observatorium Gunung Lemmon di Arizona, AS. Saat ditemukan, komet ini diperkirakan masih berada pada jarak di antara orbit Mars dan Jupiter, tetapi para astronom melaporkan bahwa ekor komet tersebut telah terbentuk.

Hal ini menunjukkan bahwa kita mungkin akan melihat ekor yang besar saat Komet Leonard semakin dekat ke Bumi dan Matahari. Menurut perhitungan awal, Komet Leonard akan mencapai perihelion, jarak terdekatnya dengan Matahari, pada tanggal 3 Januari 2022. Dengan begitu, kita punya waktu satu tahun penuh untuk menyaksikan komet ini semakin terang dan cemerlang dari malam ke malam.

Para astronom di Jet Propulsion Laboratory NASA memperkirakan bahwa pendekatan terdekat Komet Leonard dengan Bumi akan terjadi pada 12 Desember 2021 (sekitar jam 21.13 WIB). Sang komet akan melewati Bumi pada jarak yang sangat aman, yaitu 34.907.464 kilometer.

Perkiraan juga menunjukkan bahwa Komet Leonard berpotensi mencapai magnitudo visual sekitar +5 atau bahkan +4 (semakin rendah semakin terang). Meski begitu, ketika mencapai magnitudo paling terangnya, komet ini kemungkinan akan sangat dekat dengan cakrawala.

Kita di Bumi kemungkinan besar masih bisa melihat Komet Leonard menggunakan teleskop atau binokuler selama hari-hari ketika komet ini berada di jarak terdekat dengan Bumi, yang mana akan terjadi pada awal Desember 2021.

Komet sendiri merupakan sebuah fenomena yang muncul sekali seumur hidup, termasuk Komet Leonard. Karena tampaknya, komet ini memiliki orbit hiperbolik, yang artinya ia hanya akan sekali melalui tata surya bagian dalam, kemudian keluar lagi ke luar tata surya dalam waktu yang sangat lama, bahkan bisa jadi tidak kembali.

Akankah Komet Leonard terlihat dengan mata telanjang? Kemungkinannya masih ada. Bahkan menurut EarthSky.org, komet ini bisa menjadi komet paling terang tahun ini (kecuali nantinya ditemukan komet baru yang lebih terang).

Salah satu hal yang menarik dari komet ini adalah ia merupakan komet yang bergerak sangat cepat. Kecepatannya mencapai 254.399 kilometer per jam atau 70,6 kilometer per detik relatif terhadap Bumi dalam mengelilingi Matahari.

Namun, terlepas dari kecepatannya yang luar biasa, jangan berpikir kalau kamu akan melihat komet ini melesat cepat di langit. Seperti planet, komet memang akan tampak bergerak di depan bintang-bintnag latar belakang dalam pandangan dari Bumi, tetapi pergerakannya sangat lambat karena jaraknya yang jauh dari planet kita.

Ke arah mana kita nantinya bisa melihat Komet Leonard? Perhatikan peta langit di bawah ini deh. Komet diprediksi akan mulai terang (magnitudo visual +6) pada tanggal 1 Desember 2021 mendatang, ia akan berada di atas ketinggian 10 derajat dari cakrawala langit timur laut pada pukul 04.00 dini hari waktu setempat daerah kamu, di depan rasi bintang Coma Berenices:

Seiring waktu, komet yang mengelilingi Matahari ini akan berpindah posisi di langit dalam pandangan dari Bumi. Memasuki 9 Desember 2021, Komet Leonard diprediksi sudah mencapai magnitudo +4, lebih terang dibanding pada awal Desember.

Dalam pandangan mata telanjang, Komet Leonard akan muncul dengan warna kehijauan khas komet. Kamu bisa melihatnya di langit arah timur laut mulai pukul 04.55 pagi waktu setempat daerahmu. Komet akan berada di depan rasi bintang Bootes kali ini:

Itulah informasi yang sejauh ini telah tersedia untuk Komet Leonard. InfoAstronomy.org akan terus memperbarui informasi mengenai komet ini, yang bisa kamu ikuti lewat situs web ini, atau lewat media sosial kami di Facebook, Instagram, dan Twitter.

Untuk pengamatan lebih jelas, berikut beberapa teleskop yang bisa kamu gunakan:

Selamat berburu Komet Leonard!