-->
Merasa artikel-artikel di InfoAstronomy.org menarik dan bermanfaat untukmu? Dukung kami dengan klik di sini.

21 Januari 2021: Lihat Konjungsi Bulan dengan Planet Mars

Info Astronomy - Mulai senja ini, 21 Januari 2021, Bulan dan Mars akan tampak berada di arah langit yang sama, terpisah sekitar 5 derajat satu sama lain dalam pandangan dari Bumi dalam fenomena yang dikenal sebagai konjungsi. Siap mengamatinya?

Kalau kamu mengamatinya tanpa teleskop, Mars nantinya hanya akan tampak bagai bintang kemerahan terang di dekat Bulan. Pasangan kosmis ini bisa kamu mulai amati pada sekitar pukul 18.45 sore waktu setempat daerahmu, saat keduanya berada di langit atas kepala. Mereka kemudian akan terbenam di langit barat karena rotasi Bumi pada pukul 23.45 malam harinya waktu setempat daerahmu.

Bulan dan Mars akan tampak persis seperti gambar di atas artikel ini. Pada momen konjungsi, Bulan akan bersinar dalam magnitudo visual -11,9, sedangkan Mars akan bersinar dalam magnitudo visual 0,2 (semakin kecil angka magnitudo, semakin terang benda langitnya). Keduanya akan berada di arah rasi bintang Aries.

Sayangnya, kedua benda langit ini masih akan terlalu jauh terpisah untuk muat dalam satu bidang pandang teleskop, tetapi bisa terlihat dengan mata telanjang kok.

Dalam astronomi, ini adalah fenomena biasa. Bulan dan Mars akan tampak berdekatan hanya dalam pandangan dari Bumi saja. Pada kenyataannya, kedua benda langit ini masih sangat berjauhan satu sama lain di tata surya.

Semoga cuaca cerah. Selamat mengamati!