Planet Merah "Bertemu" Bulan Malam Ini, 24 Desember 2020

Beberapa hari yang lalu, kita baru saja melihat super konjungsi Jupiter-Saturnus. Malam ini, 24 Desember 2020, giliran Mars dan Bulan.
Info Astronomy - Beberapa hari yang lalu, kita baru saja melihat super konjungsi Jupiter-Saturnus. Malam ini, 24 Desember 2020, giliran Mars dan Bulan yang akan saling berdekatan satu sama lain dalam pandangan dari Bumi.

Mars, yang juga dikenal sebagai Planet Merah, akan berada sejauh 5°34' dari Bulan. Ia akan muncul bagai bintang merah terang dengan magnitudo -0,5 di dekat Bulan kalau kamu mengamatinya dengan mata telanjang. Kamu butuh teleskop dengan pembesaran minimum 225x untuk bisa melihat Mars lebih jelas.

Fenomena ini sendiri sebenarnya adalah fenomena biasa. Dikenal sebagai konjungsi, Bulan memang akan selalu "bertemu" dengan planet-planet tata surya di langit Bumi karena mereka berada di jalur ekliptika yang sama.

Di langit Indonesia, pasangan kosmis ini bisa mulai diamati di langit timur sekitar setengah jam setelah Matahari terbenam. Mereka kemudian akan mencapai titik tertinggi di langit pada pukul 18.52 waktu setempat daerahmu, yakni setinggi 73° di atas cakrawala utara. Keduanya akan terus terlihat sampai sekitar jam 00.18 tengah malam waktu setempat daerahmu, saat mereka terbenam di bawah 7° dari cakrawala barat.

Sayangnya, tidak seperti super konjungsi Jupiter-Saturnus yang muat dalam satu bidang pandang teleskop, konjungsi Mars-Bulan ini akan terlalu jauh terpisah untuk muat dalam bidang pandang teleskop. Meski begitu, keduanya akan terlihat dengan mata telanjang, persis seperti gambar di atas artikel ini.

Fenomena ini bisa diamati di seluruh Indonesia selama cuaca cerah. Selamat mengamati!