Kiat-kiat Mengamati Super Konjungsi Jupiter-Saturnus

Info Astronomy - 21 Desember 2020 mendatang, sempatkan untuk mengamati langit barat selepas Matahari terbenam. Kalau cuaca cerah, kamu bisa melihat kenampakan planet Jupiter dan Saturnus yang begituuu dekat satu sama lain dalam fenomena super konjungsi.

Dalam astronomi, sebenarnya hanya dikenal istilah "konjungsi" saja, yang menurut Kamus Astronomi dari Skyandtelescope.com, merupakan fenomena ketika ada dua atau lebih benda langit yang sedang berada di arah yang sama dalam pandangan dari Bumi.

Kedekatan benda-benda langit pada saat konjungsi bukan berarti mereka memang benar-benar dekat di ruang angkasa, ini hanya tentang perspektif kita dari Bumi saja. Seperti fenomena yang akan kita lihat ini, Jupiter dan Saturnus masih akan terpisah sejauh 11,1 miliar kilometer jauhnya di ruang angkasa.

Nah, kalau disebut "super konjungsi", itu tandanya konjungsi kali ini tidak biasa. Terjadi setiap 20 tahun sekali, Jupiter dan Saturnus akan "bertemu" di langit dalam pandangan dari Bumi. Menurut EarthSky.org, mereka hanya akan terpisah sejauh 6 detik busur, sangat dekat sehingga mungkin akan terlihat bagai satu bintang tunggal kalau diamati dengan mata telanjang.
Mau mengamati super konjungsi Jupiter-Saturnus dengan lebih jelas? Kamu membutuhkan teleskop dengan pembesaran setidaknya 75x. Karena kalau tanpa teleskop, kamu hanya akan melihat kedua planet ini bagaikan bintang di langit.

Itu terjadi karena jarak kedua planet ini yang jauh dari Bumi kita. Menurut UniverseToday.com, jarak rata-rata Bumi ke Jupiter adalah 628 juta kilometer, sementara jarak rata-rata Bumi ke Saturnus adalah 1,2 miliar kilometer. Jadi, meskipun kedua planet ini adalah planet raksasa di tata surya, pada jarak sejauh itu mereka hanya akan muncul bagai bintang terang di langit Bumi.

Super konjungsi adalah momen terbaik untuk bisa melihat planet Jupiter dan Saturnus menggunakan teleskop. Sebab, saking dekatnya kedua planet ini pada 21 Desember 2020, mereka akan muat dalam satu bidang pandang teleskop!

Kurang lebih, seperti inilah yang akan kamu amati lewat teleskop kalau diarahkan ke Jupiter-Saturnus:
Meskipun super konjungsi antara Jupiter dengan Saturnus terjadi setiap 20 tahun sekali, yang artinya pada tahun 2040 nanti akan terjadi lagi, tetapi kedekatan kedua planet seperti yang akan terjadi pada 21 Desember 2020 ini baru akan terulang pada 24 Agustus 2417, perlu menunggu 4 abad lagi.

Itulah mengapa, momen super konjungsi yang begitu spektakuler ini sebaiknya jangan dilewatkan begitu saja. Kamu bisa menggunakan teleskop, lalu sambungkan dengan kamera smatphone ataupun DSLR, dan abadikan kedekatan kedua planet secara langsung.

Bingung memilih teleskop? Masih ada waktu untuk membelinya. Kami menyediakan beberapa teleskop pilihan yang bisa kamu miliki:
Teleskop-teleskop di atas bisa kamu dapatkan di toko daring kami, InfoAstronomyStore.com. Gunakan juga kode voucher BAYARINONGKIR untuk menikmati gratis ongkos kirim hingga Rp100.000 untuk pembelian teleskop apapun hingga 31 Desember 2020.

Selamat menanti super konjungsi!