-->
Merasa artikel-artikel di InfoAstronomy.org menarik dan bermanfaat untukmu? Dukung kami dengan klik di sini.

Bulan Purnama Terakhir Tahun 2020 Muncul Malam Ini

Info Astronomy - Malam ini, 29 Desember 2020, fase Bulan purnama terakhir pada tahun 2020 akan teramati hingga Matahari terbit 30 Desember 2020.

Dijuluki sebagai "Cold Moon" oleh orang-orang di Amerika Utara karena fase ini bertepatan dengan puncak musim dingin di sana, secara astronomis sebenarnya Bulan baru masuk fase purnama pada 30 Desember 2020 pukul 10.28 WIB. Meski begitu, malam ini kita sudah bisa menyaksikan Bulan menjelang purnama.

Seperti pengamatan Bulan purnama biasanya, Bulan bisa diamati dengan mudah karena ia akan muncul begitu terang. Pengamatan bisa kamu lakukan mulai pukul 18.30 sore waktu setempat daerahmu, ketika Bulan akan berada pada ketinggian di atas 10 derajat dari cakrawala timur laut. Bulan selanjutna akan terus bergerak semu ke barat seiring Bumi berotasi dan terbenam keesokan harinya menjelang Matahari terbit.

Bulan purnama sendiri adalah fase ketika Bulan mencapai posisi 180 derajat dari Matahari, sehingga sinar Matahari menyiari wajah Bulan hampir keseluruhannya (sekitar 99%). Bulan tidak mengalami gerhana karena kemiringian bidang orbit Bulan yang mencapai 5 derajat terhadap bidang ekliptika Bumi. Hanya ketika bidang orbit Bulan dan ekliptika Bumi berpotongan saja gerhana akan terjadi.
Selain menjadi Bulan purnama terakhir tahun 2020, purnama malam ini juga akan menjadi fase Bulan purnama terakhir untuk dekade kedua dalam abad ke-21. Itu karena perhitungan dekade adalah periode dari tahun yang berakhir pada angka 1 ke tahun berikutnya yang merupakan kelipatan sepuluh. 

Misalnya, periode dari tahun 1961 hingga 1970 adalah dekade ke-7 abad ke-20 (atau dekade ke-197), sementara periode dari tahun 2001 hingga 2010 adalah dekade pertama abad ke-21 (atau dekade ke-201).

Menurut sistem kalender Gregorian yang banyak digunakan saat ini di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, dekade ke-203 akan dimulai pada 1 Januari 2021, karena 2021 diawali dengan angka 1, bukan nol. Maka dari itu, Bulan purnama malam ini adalah purnama terkahir di dekade ke-202.

Meski tidak ada yang spesial dari kenampakan Bulan purnama malam ini, memotretnya akan menjadi hal yang menarik karena bisa mengabadikan Bulan purnama terakhir tahun dan dekade ini. Selamat berburu purnama!