NASA Umumkan Para Astronaut untuk Misi ke Bulan

Baru-baru ini, NASA telah mengumumkan Tim Artemis, sekelompok astronaut yang akan mengambil bagian dalam kembalinya NASA ke Bulan dekade ini.
Info Astronomy - Baru-baru ini, NASA telah mengumumkan Tim Artemis, sekelompok astronaut yang akan mengambil bagian dalam kembalinya NASA ke Bulan dekade ini. Total, nantinya akan ada 18 astronaut akan terlibat dalam persiapan dan misi berawak ke Bulan.

Tim tersebut dipresentasikan oleh Wakil Presiden AS Mike Pence pada pertemuan Dewan Antariksa Nasional kedelapan di Pusat Antariksa Kennedy NASA di Florida kemarin (10/12). Walau begitu, sejauh ini belum ada tugas penerbangan antariksa dalam waktu dekat untuk tim astronaut tersebut.

Rencana saat ini untuk Program Artemis sendiri adalah peluncuran Artemis 1 tanpa awak pada Agustus 2021, diikuti oleh Artemis 2 misi berawak menuju orbit Bulan pada 2023, dan kemudian Artemis 3 yang akan mendaratkan astronaut di Bulan.

"Ada begitu banyak pekerjaan sebelum kita kembali ke Bulan, dan itu akan membutuhkan seluruh jajaran tim astronaut untuk mewujudkannya," kata Kepala Astronot Pat Forrester dalam sebuah pernyataan, dilansir IFLScience.com
Dari kiri ke kanan, pada foto di atas adalah para astronaut Artemis NASA, yakni Jessica Meir, Joseph Acaba, Jessica Watkins, Matthew Dominick, dan Anne McClain. Kelimanya akan menjadi para astronaut pertama dalam Program Artemis.

Tim Artemis juga terdiri atas beberapa astronaut veteran dari misi luar angkasa sebelumnya maupun yang sudah berjalan saat ini seperti Stephanie Wilson, Scott Tingle, Kathleen Rubins, Kjell Lindgren, Nicole Mann, dan Christina Koch.

Victor Glover, yang mengemudikan Crew-1 Dragon Resilience bulan lalu, juga termasuk dalam Program Artemis. Dia saat ini berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional sebagai teknisi penerbangan untuk Ekspedisi 64, dan akan kembali ke Bumi pada Mei 2021.

Para astronaut ini akan membantu dalam pengembangan sistem pendaratan, pelatihan, dan perakitan perangkat keras untuk Program Artemis. Era baru penjelajahan Bulan tampaknya akan tiba dalam waktu dekat!