Panduan Melihat 5 Planet Sepanjang November 2020

November ini, kita berkesempatan melihat Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.
Info Astronomy - Ketika sedang melihat langit malam penuh bintang, pernahkah kamu menemukan ada satu bintang yang cahayanya paling terang di antara yang lain? Bisa jadi, yang kamu amati itu adalah salah satu planet di tata surya, lho!

Iya, karena mereka juga disinari Matahari, mereka jadi bisa diamati tuh dari Bumi. Namun, karena jarak planet-planet ini yang sangat jauh dari Bumi, kenampakannya pun hanya seperti bintang aja.

Eits, untuk membedakan antara planet dengan bintang sungguhan di langit malam caranya cukup mudah kok. Kamu hanya perlu melihat cahayanya. Planet, karena relatif lebih dekat ke Bumi dibanding jarak bintang-bintang, akan memiliki diameter sudut lebih lebar, yang pada akhirnya akan membuat mereka tidak tampak berkelap-kelip di langit.

Jadi, kalau kamu melihat ada objek seperti bintang di langit malam yang cahayanya sangat terang dan tidak berkelap-kelip, itu mungkin saja sebuah planet. Nah, untuk memastikannya, artikel ini akan memandu kamu dalam menemukan planet-planet tersebut.

Setidaknya, ada 5 planet di tata surya yang bisa diamati dengan mata telanjang. Mereka adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus. Tidak ada satu pun di antara mereka yang muncul besar di langit, semuanya hanya seperti bintang saja.

November ini, kelima planet tersebut bisa diamati dengan mudah. Di sini, kamu akan dibantu oleh Bulan untuk menemukan planet-planet tersebut. Dalam pergerakannya mengelilingi Bumi, Bulan memang sering "bertemu" dengan planet-planet di langit malam pada waktu-waktu tertentu.

Menemukan Jupiter dan Saturnus
Dua planet pertama yang bisa diamati setiap malam pada November 2020 ini adalah Jupiter dan Saturnus. Keduanya berada saling berdekatan satu sama lain dalam pandangan dari Bumi, atau dalam astronomi dikenal sebagai konjungsi.

Selepas Matahari terbenam, amatilah langsung langit arah atas kepala kamu. Kamu bisa menemukan Jupiter dan Saturnus di sana sebagai bintang kekuningan terang. Menurut EarthSky.org, Saturnus terletak sekitar 5 derajat di sebelah timur Jupiter, di mana 5 derajat kira-kira sama dengan lebar jari tengah dan telunjuk yang ditumpuk.

Saturnus, meskipun muncul terang dengan magnitudo visual 1, ia masih 12 kali lebih redup dibandingkan dengan Jupiter yang ada di dekatnya. Hal ini pun akan memudahkan kamu membedakan mana yang Jupiter dan mana yang Saturnus. Ingat, Jupiter lebih terang.

Kalau bingung di mana mencari mereka, temukan Bulan. Pada 19 November 2020, Bulan bersama Jupiter dan Saturnus akan membentuk formasi segitiga di langit. Kamu bisa melihat ketiganya di langit barat mulai pukul 7 malam waktu setempat daerahmu.
Konfigurasi segitiga Bulan-Jupiter-Saturnus sendiri nantinya akan seperti gambar peta langit di atas. Kedua planet akan terpisah masing-masing 4 derajat dari posisi Bulan, sehingga akan membentuk segitiga siku-siku yang unik.

Menemukan Mars
Mars sudah ada di langit timur sekitar sejam setelah Matahari terbenam. Ia dijuluki sebagai Planet Merah, karena memang kenampakannya berwarna kemerahan di langit malam.

Pada waktu yang sama di mana kamu bisa melihat Jupiter dan Saturnus di langit atas kepala, tengoklah langit timur (arah Matahari terbit di daerahmu). Di sana, kamu akan menemukan bintang kemerahan terang yang tidak berkelap-kelip, itulah Mars.

Bulan pun juga bisa menjadi pemandu kamu untuk menemukan Mars.
Pada 26 November 2020, persis seperti gambar peta langit di atas, Bulan akan menemani Mars di langit timur mulai pukul 7 malam waktu setempat daerahmu. Kedua benda langit ini akan terpisah sejauh 4 derajat satu sama lain.

Menemukan Merkurius dan Venus
Nah, dua planet terakhir yang bisa diamati adalah Merkurius dan Venus. Kenapa terakhir? Sebab keduanya baru akan terbit di waktu dini hari, terutama Merkurius yang sangat dekat posisinya dari Matahari pada November ini.

Venus dikenal sebagai planet paling terang di langit malam, bahkan ia menjadi benda langit paling terang ketiga setelah Matahari dan Bulan. Dengan begitu, kamu seharusnya bisa dengan mudah menemukan Venus di langit timur pada waktu subuh. Ia akan muncul sebagai bintang paliiiing terang, yang mencapai magnitudo visual -4,2.

Butuh bantuan Bulan? Tentang, Bulan siap membantu.
Persis seperti gambar peta langit di atas, Venus dan Merkurius akan berada di langit timur bersama Bulan sabit tipis pada tanggal 13 November 2020. Yang haru kamu lakukan tentu saja adalah bangun lebih pagi, lalu tengok langit timur pada sekitar pukul 04.45 pagi.

Venus akan muncul di dekat Bulan, sementara Merkurius berada terlalu rendah dari cakrawala, yang mungkin akan membuatmu kesulitan mengamatinya jika pandangan ke arah timur kamu tidak terbebas dari bangunan tinggi atau pegunungan.

Nah, itulah panduan melihat 5 planet sepanjang November 2020. Kalau kamu mau melihat planet lebih jelas, kamu bisa menggunakan teleskop yang bisa dibeli di InfoAstronomyStore.com. Selamat mengamati!