Pekan Ini, Mars Berada di Jarak Terdekatnya dengan Bumi

Info Astronomy - Mars, planet terdekat kedua setelah Venus, pekan ini akan berada pada jarak yang paling dekat dengan Bumi kita. Menariknya, ini adalah jarak terdekat Planet Merah dari Bumi untuk 15 tahun ke depan. Adakah dampaknya?

Yup, sebagian dari orang-orang kita selalu bertanya "Adakah dampaknya?" dari setiap informasi peristiwa langit. Padahal, tidak selalu peristiwa langit itu memiliki dampak langsung bagi Bumi. Sadarlah bahwa kita tinggal di planet yang bisa dibilang tidak terlalu istimewa di alam semesta.

Peristiwa ini sendiri dikenal sebagai "oposisi" dalam astronomi. Dengan kata lain, Mars akan mencapai titik oposisi terhadap Matahari, yang artinya Matahari-Bumi-Mars akan segaris lurus di bidang tata surya, membuat jarak Bumi ke Mars berada di titik terdekatnya, yakni kira-kira 62,1 juta kilometer. Mars akan tampak dengan cahaya paling cerah, sedikit lebih besar, dan mudah dilihat dengan atau tanpa teleskop!

Eits, jangan berekspektasi tinggi dulu. Pengamatan dengan mata telanjang hanya akan mampu melihat Mars sebagai bintang kemerahan terang saja. Kamu butuh teleskop dengan pembesaran minimum 225x untuk bisa melihat Mars lebih jelas.

Menurut EarthSky.org, oposisi Mars akan terjadi pada 14 Oktober 2020. Meski begitu, jarak terdekat antara Bumi dan Mars akan terjadi pada 6 Oktober 2020. Perbedaan ini disebabkan karena jalur orbit Bumi dan Mars yang berbentuk elips, sehingga pada titik oposisi belum tentu merupakan titik terdekat kedua planet.

Bagaimana cara menemukan Mars? Mudah saja. Cukup dengan mengamati langit timur sejak awal malam, yang nantinya Mars akan muncul sebagai bintang kemerahan dengan cahaya yang terang dan tidak berkelap-kelip.
Oposisi Mars tahun ini memang bukan yang terdekat. Titik terdekat yang pernah terjadi antara Bum dan Mars adalah pada tahun 2003, yang mana kedua planet bertetangga ini terpisah "hanya" sejauh 55,7 juta kilometer. Dua tahun lalu, 2018, jarak kedua planet juga cukup dekat, yakni sekitar 57,6 juta kilometer saja.

Dan sayangnya, seperti dilansir ScienceAlert.com, karena jalur orbit yang berbeda, Bumi kita tidak akan berada pada jarak yang paling dekat lagi dengan Mars hingga tahun 2035, yang pada saat itu jaraknya sekitar 56,9 juta kilometer saja.

Jadi, pekan ini adalah kesempatan yang sangat istimewa yang tidak akan kita dapatkan lagi hingga tahun 2035 untuk melihat Mars. Mari berburu Planet Merah!