Lihat Segitiga Bulan, Jupiter, Saturnus Malam Ini, 23 Oktober 2020

Kalau cuaca cerah sore sampai malam ini, keluar dan amatilah langit. Kamu bisa menemukan planet-planet raksasa di tata surya, Jupiter dan Saturnus.
InfoAstronomy - Kalau cuaca cerah sore sampai malam ini, keluar dan amatilah langit. Kamu bisa menemukan planet-planet raksasa di tata surya, Jupiter dan Saturnus, yang akan membentuk formasi segitiga bersama Bulan.

Dalam astronomi, fenomena ini dikenal sebagai konjungsi. Sederhananya, konjungsi adalah fenomena ketika dua atau lebih benda langit sedang teramati di arah yang sama di langit dalam pandangan dari Bumi. Nah, konjungsi kali ini cukup unik, karena tiga benda langit akan membentuk segitiga.

Bulan akan berada pada fase separuh awal hari ini, ia sebenarnya sudah terbit dari tengah hari. Dengan begitu, saat Matahari terbenam, kamu bisa menemukan Bulan di langit atas kepala.

Di mana letak planet-planetnya? Kamu bisa cocokkan dengan gambar peta langit di atas. Jupiter akan berada sekitar 10 derajat di arah barat Bulan, sementara Saturnus berada 4 derajat di arah utara Bulan. Dalam pandangan mata telanjang, kedua planet ini hanya akan tampak seperti bintang saja.

Jadi, jangan berekspektasi tinggi dulu untuk melihat kenampakan Jupiter dan Saturnus yang besar ya. Karena jarak mereka yang jauh dari Bumi, masing-masing mencapai sekitar 608 juta kilometer dan 1,4 miliar kilometer, kenampakan kedua planet tidak lebih dari bagaikan bintang kuning terang yang tidak berkelap-kelip, dengan Jupiter yang akan jauh lebih terang daripada Saturnus.

Kamu memerlukan teleskop agar bisa melihat kedua planet ini lebih jelas, seperti melihat Saturnus lengkap dengan cincinnya yang megah sampai melihat empat bulan terbesar yang mengitari Jupiter, yakni Ganimede, Europa, Io, dan Kalisto.

Fenomena konjungsi unik ini bisa diamati di seluruh Indonesia selama cuaca cerah mulai dari selepas Matahari terbenam hingga menjelang tengah malam seiring ketiga benda langit ini bergerak semu ke barat untuk terbenam.

Selamat berburu planet!