Foto-foto Komet NEOWISE di Langit Indonesia

Info Astronomy - Komet C/2020 F3 (NEOWISE) saat ini sudah bergerak menjauh dari Matahari, dan juga Bumi. Para astrofotografer di seluruh dunia berlomba-lomba mengabadikannya sebelum komet ini benar-benar pergi dan kembali dalam 6.800 tahun. Tak terkecuali, astrofotografer dari Indonesia.

Kita di Indonesia memang bisa melihat komet ini dari 20 hingga 23 Juli 2020 kemarin. Komet NEOWISE yang berada rendah di atas cakrawala barat laut itu sayangnya sudah redup. Namun, InfoAstronomy.org mendapatkan beberapa kiriman foto komet ini dari berbagai daerah di Indonesia.

Foto-foto itu kami kurasi, dan inilah foto-foto terbaik dari para astrofotografer Indonesia:

Komet NEOWISE di Palangka Raya, Kalimantan Tengah oleh @ahmad_hidayattullah:
Komet NEOWISE di Ngawi, Jawa Timur oleh @riodattebayo:
Komet NEOWISE di Bulungan, Kalimantan Utara oleh @hendyardhyaksa:
Komet NEOWISE di langit Manado, Sulawesi Utara oleh @rouldy_endy:
Komet NEOWISE di langit Cangar, Jawa Timur oleh @ajuprasetyo:
Saat artikel ini dipublikasikan, letak Komet NEOWISE memang semakin meniggi dari cakrawala barat laut seiring ia bergerak menjauh dari Matahari, tetapi begitu pun juga magnitudonya. Magnitudo visual yang meninggi (semakin ke angka positif), artinya kenampakan komet akan semakin redup.

Untukmu yang gagal mengamati komet ini, bersedih mungkin bisa dilakukan, karena Komet NEOWISE adalah komet sekali seumur hidup yang bisa diamati. Anak cucu kita baru akan menyaksikannya lagi 6.800 tahun mendatang.
BERIKAN KOMENTAR ()