5 Hari Melihat Dekatnya Venus dengan Aldebaran

Info Astronomy - Kalau beberapa hari terakhir ini kamu sering banget melihat adanya bintang yang sangaaaat terang di langit timur saat Subuh, itu sebenarnya adalah planet Venus. Pada 10-14 Juli 2020 ini, Venus akan tampak berdekatan dengan bintang Aldebaran.

Fenomena ini dikenal sebagai konjungsi. Planet Venus dan bintang Aldebaran akan tampak berdekatan karena posisinya di alam semesta sedang berada searah dalam pandangan dari Bumi. Dalam pandangan mata telanjang, kita akan melihat mereka bagaikan bintang ganda.

Planet Venus sendiri, setelah melewati konjungsi inferiornya (berada di antara Matahari dan Bumi) pada 3 Juli 2020, kini sudah semakin tinggi di atas cakrawala timur saat dini hari. Nah, pada 10 Juli 2020 besok, ia akan mencapai puncak kecerahannya.

Sementara itu, Aldebaran adalah bintang paling terang di rasi bintang Taurus. Ia adalah bintang super raksasa yang bercahaya merah terang. Meski begitu, jarak Aldebaran lebih jauh dibanding Venus dari Bumi, sehingga Venus nantinya akan muncul lebih terang daripada Aldebaran.

Venus muncul dengan sangat terang, bahkan bisa diamati saat langit sudah membiru karena Matahari yang sudah muncul. Venus bersinar dengan magnitudo -4,2, sementara Aldebaran dengan magnitudo 1. Dengan kata lain, Venus kira-kira 100 kali lebih terang daripada Aldebaran.

Nah, jam berapa kita bisa melihat konjungsi Venus dengan Aldebaran? Mulailah pengamatan pada pukul 05.00 pagi waktu setempat daerahmu. Amati langit timur, dan kamu pasti bisa dengan mudah menemukan Venus yang begitu terang di sana.

Seperti inilah posisinya pada 10 Juli 2020:
Pada 10 Juli 2020, Venus dan Aldebaran akan terpisah sejauh kurang dari 1 derajat, atau kurang dari lebar jari kelingking, sangat dekat dalam pandangan dari Bumi.

Eits, jangan berekspektasi tinggi dulu bisa melihat Venus yang besar ya. Karena jaraknya sangat jauh dari Bumi (rata-rata 0,72 AU), kenampakan Venus di langit Bumi hanya akan seperti bintang kuning terang yang tidak berkelap-kelip kalau kamu mengamatinya dengan mata telanjang.

Posisi antara Venus dan Aldebaran akan berubah setiap harinya. Hal itu disebabkan karena Venus adalah planet yang mengitari Matahari, sehingga ia akan berubah-ubah posisinya di langit Bumi sesuai letaknya dalam orbit mengelilingi Matahari.

Perubahan itu dapat kita amati dari tanggal 11 hingga 14 Juli. Meskipun Venus dan Aldebaran masih dekat satu sama lain dalam pandangan dari Bumi, posisi Venus akan berbeda dari letak bintang-bintang latar belakang, termasuk Aldebaran. Perubahannya akan seperti ini:
Untuk bisa melihat Venus lebih jelas, kamu setidaknya membutuhkan teleskop dengan magnifikasi minimal 225x. Salah satu teleskop yang memiliki magnifikasi sebesar itu adalah Celestron PowerSeeker 80EQ, yang bisa kamu dapatkan di InfoAstronomyStore.com.

Oh iya, konjungsi Venus dan Aldebaran ini bisa diamat di seluruh Indonesia, asalkan cuaca cerah. Selamat berburu planet dan bintang!
BERIKAN KOMENTAR ()