5 Bintang Paling Terang versus Matahari

Matahari adalah bintang paling terang di langit Bumi. Namun, kalau pembahasannya adalah bintang paling terang di langit malam, berikut ini adalah lima yang paling terang, lengkap dengan perbandingan ukurannya dengan Bumi.
Info Astronomy - Matahari adalah bintang paling terang di langit Bumi. Namun, kalau pembahasannya adalah bintang paling terang di langit malam, berikut ini adalah lima yang paling terang, lengkap dengan perbandingan ukurannya dengan Matahari.

Kecerahan bintang dalam artikel ini didasarkan pada magnitudo visualnya, yakni kecerahan yang tampak dalam pandangan mata manusia (bukan kecerahan absolutnya). Karena bintang-bintang juga bisa terdiri dari dua atau tiga bintang yang saling mengorbit, para astronom biasanya menggabungkan magnitudo visualnya.

Oke, langsung saja yuk kita lihat 5 bintang paling terangnya!

Nomor 5, Vega

Vega adalah bintang paling terang di rasi bintang Lyra, itulah mengapa nama lainnya adalah Alpha Lyrae (atau biasa ditulis juga α Lyr). Bintang ini relatif dekat dari tata surya kita, yakni hanya 25 tahun cahaya dari Matahari. Di langit malam, Vega adalah bintang paling terang kelima dengan magnitudo visual 0,03.

Vega merupakan jenis bintang deret utama dengan warna permukaan putih kebiruan, yang saat ini masih aktif melakukan fusi hidrogen menjadi helium di intinya. Selain itu, Vega berotasi begitu cepat di ekuatornya, yakni pada kecepatan 236,2 km per detik. Sebagai perbandingan, rotasi Matahari hanya secepat 1,9 km per detik.

Rotasi yang begitu cepat ini membuat Vega berbentuk seperti telur, dengan ekuatornya melebar 19% lebih besar daripada kutubnya. Sayangnya, karena inklinasi rotasinya miring lebih dari 5 derajat dalam pandangan dari Bumi, bentuk telur ini sulit diamati dari planet kita.

Dengan diameter sekitar 3,2 juta kilometer, inilah perbandingan Vega dengan Matahari:

Nomor 4, Arcturus

Dikenal juga sebagai Alpha Boötis, atau bintang paling terang di rasi bintang Boötes, Arcturus adalah bintang paling terang keempat di langit malam dengan magnitudo visual -0,05 (iya, semakin kecil angka magnitudo visual, semakin terang).

Berdasarkan pergeseran paralaks tahunan sebesar 88,83 miliar detik, yang diukur oleh satelit Hipparcos, Arcturus berjarak sekitar 36,7 tahun cahaya jauhnya dari Matahari. Menariknya, Arcturus bergerak cepat (122 km per detik) relatif terhadap Matahari, dan sekarang ini sedang berada hampir pada titik terdekatnya dengan Matahari. Pendekatan terdekat akan terjadi dalam sekitar 4.000 tahun, ketika Arcturus akan beberapa ratus tahun cahaya lebih dekat ke Bumi daripada sekarang.

Dengan diameter sekitar 35,3 juta kilometer, inilah perbandingan Arcturus dengan Matahari:

Nomor 3, Alpha Centauri

Alpha Centauri adalah sistem bintang biner yang terdiri dari dua bintang utama (dinamai Rigil Kentaurus dan Toliman) dengan satu bintang kerdil tambahan yang mengorbitinya (dinamai Proxima Centauri), yang terletak di rasi bintang Centaurus. Mereka adalah sistem bintang ganda terdekat dari tata surya kita, jaraknya sekitar 4,37 tahun cahaya dari Matahari.

Rigil Kentaurus dan Toliman adalah bintang yang mirip seperti Matahari (Kelas G dan K). Mereka berdua saling mengorbit pada jarak yang relatif dekat satu sama lain. Dalam pandangan mata telanjang, Rigil Kentaurus dan Toliman tampak sebagai bintang tunggal dengan magnitudo visual -0,27.

Sementara itu, Proxima Centauri adalah bintang kerdil merah yang kecil dan redup (Kelas M). Meskipun tidak terlihat dengan mata telanjang, Proxima Centauri adalah bintang terdekat sesungguhnya dari Matahari, jaraknya sekitar 4,24 tahun cahaya, sedikit lebih dekat dari sistem Rigil Kentaurus dan Toliman.

Inilah perbandingan ukuran sistem Alpha Centauri dengan Matahari:

Nomor 2, Canopus

Canopus adalah bintang paling terang di rasi bintang Karina, dan merupakan bintang paling terang kedua di langit malam dengan magnitudo visual -0,74. Terletak pada jarak sekitar 310 tahun cahaya dari Matahari, Canopus adalah bintang raksasa dengan jenis spektral A9 atau F0, sehingga pada dasarnya berwarna putih jika dilihat dengan mata telanjang.

Ia memiliki luminositas lebih dari 10.000 kali luminositas Matahari, delapan kali lebih masif massanya, dan telah mengembang permukaannya menjadi 71 kali radius Matahari. Pada tahap ini, Canopus sedang mengalami fusi helium karena sudah kehabisan bahan bakar hidrogennya.

Dengan diameter sekitar 98,7 juta kilometer, inilah perbandingan Canopus dengan Matahari:

Nomor 1, Sirius

Inilah juaranya bintang paling terang di langit malam. Terletak di arah rasi bintang Kanis Mayor, Sirius bersinar dalam magnitudo visual -1,46. hampir dua kali lebih terang dari Canopus.

Sirius adalah sistem bintang ganda yang terdiri dari bintang deret utama dengan jenis spektral A0 atau A1, yang dinamai Sirius A, dan pendampingnya merupakan kerdil putih redup dengan jenis spektral DA2, dinamai Sirius B. Jarak antara keduanya bervariasi antara 8,2 hingga 31,5 AU, saling mengorbit setiap 50 tahun.

Inilah perbandingan sistem Sirius dengan Matahari:
Nah, itulah 5 bintang paling terang dan perbandingan ukurannya dengan Matahari. Sudah pernah melihat kelimanya di langit?