Sahur Sambil Melihat Segitiga Bulan-Jupiter-Saturnus, 13 Mei 2020

Info Astronomy - Kalau selama sahur ini kamu sering melihat satu bintang terang di langit atas kepala, objek tersebut sebenarnya bukan bintang, melainkan planet terbesar di tata surya kita, Jupiter. Pada sahur 13 Mei 2020, kita berkesempatan melihat Jupiter yang membentuk segitiga bersama Saturnus dan Bulan!

Formasi segitiga benda langit ini dikenal sebagai fenomena konjungsi, atau bahasa sederhananya adalah "searah". Dengan kata lain, jika dua atau lebih benda langit berada di titik konjungsi, itu artinya mereka bisa teramati di arah yang sama.

Nah, konjungsi Bulan, Jupiter, dan Saturnus ini akan membuat ketiganya bisa diamati pada arah yang sama di langit Bumi. Terbit pada pukul 00.00 waktu setempat daerahmu pada 13 Mei 2020, ketiganya akan berada di langit atas kepada pada pukul 04.00 waktu setempat daerhamu.

Dalam momen konjungsi ini, planet Jupiter akan berada sejauh 4 derajat di sisi barat Bulan, sementara planet Saturnus berada sejauh 3 derajat di sisi utara Bulan. Kalau kamu melihatnya dengan mata telanjang, kedua planet hanya akan seperti dua bintang terang saja, dengan Jupiter yang paling terang di antara kedunya (magnitudo visual -2,4).

Formasi segitiga benda langit ini akan persis seperti pada gambar di atas artikel ini. Di manapun kamu berada di Indonesia, kamu bisa melihat mereka asalkan cuaca cerah.

Untuk melihat planet-planetnya lebih jelas, kami merekomendasikan untuk menggunakan teleskop. Salah satu teleskop yang cocok untuk pengamatan planet adalah Celestron PowerSeeker 80EQ, yang bisa kamu beli di InfoAstronomyStore.com.

Selamat berburu planet!