Persiapan untuk Mengamati Gerhana Bulan Penumbra 6 Juni 2020

Gerhana Bulan Penumbra 6 Juni 2020
Info Astronomy - 6 Juni 2020 mendatang, fenomena gerhana kembali bisa teramati di langit Indonesia. Tepatnya, kita berkesempatan untuk melihat gerhana Bulan penumbra. Nah, apa saja sih yang harus dipersiapkan untuk melihat fenomena ini?

Gerhana Bulan sebenarnya tidak memerlukan banyak alat untuk pengamatannya, karena pengamatan lewat mata telanjang pun bisa dilakukan dengan aman. Tidak seperti gerhana Matahari di mana kita butuh kacamata berfilter khusus, melihat gerhana Bulan tidak akan membuat mata silau. Malahan, Bulan akan meredup cahayanya.

Nah, yang akan kita amati ini adalah fenomena gerhana Bulan penumbra. Pada puncak gerhana, Bulan hanya akan masuk bayangan terang Bumi, atau yang dikenal penumbra. Sehingga kita hanya akan melihat Bulan yang sedikit meredup dengan "gigitan" kecil pada permukaannya saja, tidak akan tampak merah seperti gerhana Bulan total.
Gerhana Bulan Penumbra 6 Juni 2020

Apa yang Harus Disiapkan?

Mengingat gerhana kali ini terjadi pada masa pandemi COVID-19, ada baiknya kita tetap memerhatikan protokol kesehatan dalam mengamatinya. Bagaimanapun, kesehatan kita adalah yang paling utama.

Kita bisa kok melihat gerhana Bulan penumbra ini dari area rumah masing-masing tanpa harus berkunjung ke tempat-tempat tertentu. Bahkan, kalau kamu tinggal di kota besar dengan tingkat polusi cahaya yang tinggi, gerhana ini tetap bisa teramati, asalkan cuacanya cerah ya.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya di atas, pengamatan dengan mata telanjang bisa dilakukan. Pada puncak gerhana, kita akan melihat 56% wajah Bulan tergerhanai oleh Bumi, kira-kira penampakannya akan seperti ini:
Gerhana Bulan Penumbra 6 Juni 2020
Kita di Indonesia bisa mulai menyaksikan gerhana Bulan penumbra ini pada 6 Juni 2020 pukul 00:45:51 WIB, 01:45:51 WITA, dan 02:45:51 WIT. Lalu puncaknya pukul 02:24:55 WIB, 03:24:55 WITA, dan 04:24:55 WIT. Hingga akhirnya, gerhana Bulan penumbra berakhir pukul 04:04:03 WIB, 05:04:03 WITA, dan 06:04:03 WIT.

Karena dimulai pada tengah malam, maka kamu sebaiknya mempersiapkan kopi hangat atau camilan untuk menemani pengamatanmu. Siapkan juga jaket atau sweater biar kamu tidak terlalu kedinginan di tengah malam.

Oh iya, untuk pengamatan yang lebih jelas, seperti misalnya sekaligus bisa melihat kawah-kawah Bulan, kamu perlu menggunakan teleskop. Karena masih sekitar sepekan lagi (pada saat artikel ini diterbitkan), kamu bisa membeli teleskop dulu nih buat pengamatan gerhana!

Beberapa teleskop yang kami rekomendasikan adalah:
Teleskop gerhana
Tidak perlu bingung bisa didapatkan di mana teleskop-teleskop di atas, karena kami menyediakannya di InfoAstronomy Store. Kamu bisa membaca informasi lengkap mengenai spesifikasi teleskop-teleskop di atas bahkan bertanya kepada telescope expert kami sebelum membelinya. Silakan kunjungi InfoAstronomyStore.com ya.

Nah, itulah yang bisa menjadi persiapan kamu untuk mengamati gerhana Bulan penumbra 6 Juni 2020 mendatang. Semoga semesta mendukung!
BERIKAN KOMENTAR ()